Jumat, 23 September 2016 06:15 WIB

Pesta Ganceng Dijanjikan Dapat Anggaran Dana

Editor : Yusuf Ibrahim
Laporan Muchammad Syahputra

JAKARTA,Tigapilarnews.com- Walikota Jakarta Timur, Bambang Musyawardana, bersama jajaran menyambangi acara tahunan yang digelar warga Pondok Ranggon dalam rangka Hajat Bumi atau biasa disebut Pesta Ganceng, Kamis (22/09/2016).

Kesempatan tersebut dibuka dengan melakukan tahlil bersama oleh jajaran panitia acara serta para warga Pondok Ranggon. Selain sebagai warisan budaya yang harus terus dijalankan, acara ini sekaligus sebagai ajang berkumpul warga untuk mengenang leluhur.

"Bahwa kegiatan ini telah turun menurun dan untuk mempertahankan tradisi terus berjalan. Karena itu harus dijaga dan dipertahankan. Ini adalah suatu kecintaan warga pondok ranggon," ujar Bambang, saat memberikan sambutannya di Kramat Ganceng, Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (22/09/2016).

Selain itu, ditambahkannya, juga berkoordinasi dengan Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan agar dapat diagendakan dengan rutin. "Harus diberikan sebuah anggaran dana yang jelas, agar acara ini berjalan lebih baik dengan terus bersinergi dengan pemerintahan kota Jakarta Timur," tambahnya.

Sementara itu, Pesta Ganceng tidak hanya semata-mata memberikan pembelajaran kebudayaan, tetapi termasuk bentuk pembelajaran keagamaan.  "Berdampak positif pula pada roda perekonomian yang baik serta memberika rezeki untuk hajat hidup orang banyak," jelasnya.

"Ini membuat generasi penerus sebagai keturunan dapat mengenang dan terus mengembangkan. Sekalipun dihantam budaya luar, acara ini harus terus dilestarikan," pungkasnya.(exe)
0 Komentar