Selasa, 27 September 2016 14:03 WIB

Lansia Penderita Demensia Diamankan Dinsos DKI

Editor : Danang Fajar
Laporan : Arif Muhammad Riyan

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Petugas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat mengamankan wanita lanjut usia (lansia) yang terlantar dan terindikasi demensia di Karet Bivak, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Nenek yang diketahui bernama Anah itu ditemukan saat dirinya sedang berjalan dari Stasiun Tanah Abang menuju Kantor Kecamatan Tanah Abang. Dikatakan Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat, Dewi Aryati Ningrum, petugas P3S saat itu sedang melakukan pengawasan di daerah tersebut.

"Teman-teman P3S melihat wanita lansia sedang mondar-mandir sejak pagi dari stasiun ke kantor kecamatan. Dia jalan sendirian aja. Terus petugas mendatangi dia dan diajak ngobrol," ucap Dewi saat dihubungi, Selasa (27/9/2016).

Saat ditanya petugas di mana tempat tinggalnya, jawaban nenek lansia itu berubah-ubah. Pertama, nenek itu mengatakan tingal di Tanah Abang, saat ditanya oleh petugas lagi, nenek itu mengatakan tinggal di Cakung.

"Kami tanya lagi Cakungnya di mana, dia jawab di Senen. Akhirnya untuk sementara kami ajak nenek Anah ke kantor Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat sebelum ke panti. Kami berikan tempat yang nyaman dulu supaya dia ingat rumahnya," kata Dewi.

Sesampainya di kantor, katanya, nenek Anah kembali ditanya petugas perihal asal-asul dirinya. Selama satu jam ia ditanya alamat dan keluarga. Pertanyaan yang sama tapi dengan jawaban yang berbeda.

"Ia mengaku masih berumur 37 tahun. Padahal menurut kami sudah 70 tahunan. Ia juga mengaku bisa sampai ke Tanah Abang karena dibonceng naik motor," terang Dewi.

Petugas terus menanyakan asal-usul si nenek ini, akhirnya nenek Anah ingat punya anak bernama Budi Iksan dan juga mulai ingat jika dia tinggal di daerah Inpres.

"Karena kami sudah mendapatkan informasi yang sudah tidak berubah-ubah, maka kami antar nenek Anah ke rumahnya dengan sepeda motor. Ia tinggal di Jln Jati Bunder RT 12/12," tandas Dewi.
0 Komentar