Kamis, 06 Oktober 2016 20:35 WIB

Kali Adem di Penjaringan Dinormalisasi

Editor : Danang Fajar
Laporan: Ryan Suryadi

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Unit Pelaksana Kerja Badan Air Dinas Kebersihan DKI Jakarta melakukan normalisasi di Kali Adem Permai di Jalan Mandala Permai, Penjaringan, Jakarta Utara (6/10/2016).

Normalisasi kali tersebut dilakukan agar aliran air yang menuju ke laut tidak terhambat oleh sampah dan tanaman air.

Kepala UPK Badan Air, Junjungan Sihombing mengatakan, normalisasi Kali Adem itu diketahui baru pertama kali dilakukan oleh pihaknya. Untuk
fokus pembersihan dilakukan sepanjang 800 meter, mulai dari jembatan penghubung Jalan Mandala Permai sampai dengan jalan Tol Sedyatmo.

"Ini hilir dari Kanal Banjir Barat. Pemeliharaannya belum pernah terjangkau dan belum pernah dibersihkan sama sekali. Itu akar ilalangnya juga sudah panjang ke bawah, bercampur dengan sedimentasi,"kata Junjungan, Kamis (6/10/2016) petang.

Junjungan menuturkan, sebanyak 2 alat berat ekskavator amfibi diterjunkan untuk membersihankan Kali Adem Permai. Alat tersebut pun di fungsikan untuk membersihkan lumpur dan tanaman air.

"Lima meter dari pinggir kali untuk penempatan sementara tumbuhan liar dan sedimen yang terangkut ekskavator. Jadi dirapikan dulu, kalau sudah selesai baru truk sampahnya datang untuk mengangkut hasil pengerukan, kemudian dikirim ke Bantar Gebang," kata Junjungan.

Ditambahkan Junjungan, normalisasi Kali Adem yang berada di wilayah Penjaringan Jakarta Utara itu akan dilakuka dalam waktu satu bulan kedepan. Selain mengoptimalkan arus air kali, kegiatan ini sebagai antisipasi musim hujan.

"Target paling cepat sebulan, medannya berat. Kita lakukan ini sebagai bentuk antisipasi musim hujan Oktober dan awal Januari mendatang. Karena air dari Kanal Banjir Barat kencang loh, kalau dibersihkan manuver air kalinya kan juga bagus," pungkasnya.