Rabu, 12 Oktober 2016 13:13 WIB

APBD Perubahan DKI Turun Rp4,25 Triliun

Editor : Danang Fajar
Laporan : Evi Ariska

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), bersama dengan DPRD DKI Jakarta akan menggelar rapat paripurna untuk mengesahkan APBD perubahan 2016 pada Rabu (12/10/2016).

Sala‎h satu yang menjadi catatan adalah adanya penurunan sebesar 6,34 persen atau setara Rp 4,25 triliun dari APBD DKI 2016 yang berjumlah Rp 67,16 trilun menjadi Rp 62,91 triliun.

Mantan Bupati Belitung Timur ini mengatakan, penurunan ‎anggaran salah satunya disebabkan turunnya sisa lebih Penggunaan Anggaran (Silpa).

"Dulu kita perkirakan Silpa akan Rp 8 triliun, tapi setelah kita ganti pejabat itu ternyata lebih cepet , Silpa-nya hanya Rp 3-4 triliun lebih kalau gak salah sehingga berartikan duitnya kurang, duit kurang baru kita sesuaikan," ujar Ahok di Balaikota DkI, Rabu (12/10/2016).

Selain itu, Ahok menyebutkan penyesuaian anggaran ini juga dilakukan agar program Pemprov DKI Jakarta dapat berjalan optimal. Mengingat adanya penghematan anggaran dari pemerintah pusat yang berdampak terlambatnya penyerahan bagi hasil pendapatan pajak.

"Nah sehingga kan berarti duitnya kurang, duit kurang kita sesuaikan termasuk juga dari pusat bayarnya kan ditunda 2017 nanti kita mau sesuaikan," ungkapnya.

Tetapi Ahok memastikan program tahun ini tidak ada masalah, karena pihaknya telah mengurangi anggaran pembelian tanah untuk berhemat.

‎"Engga kita cuma kurangin beli tanah aja. Termasuk kebetulan banyak kontraktor yang menang lelang perumahan itu banyak yang ga bener, kita batalin aja," pungkasnya.
0 Komentar