Rabu, 12 Oktober 2016 19:51 WIB

Soal Pungli di Kemenhub, Kapolda Metro: Menhub Angkat Tangan

Editor : Hermawan
Laporan: Gita Ginting

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Adanya pungutan liar (pungli) yang terjadi di lingkungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bukan rahasia umum lagi.

Oleh sebab itu, Menteri Perhubungan Budi Karya angkat tangan terhadap aksi pungli di lingkungan Kemenhub.

"Bukan rahasia umum (ada pungli). Pak Menteri sendiri sudah angkat tangan. Ini sudah lama dilakukan oleh direktorat tersebut, sehingga kami melakukan penyelidikan satu minggu," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan di Mapolda Metro Jaya, Rabu (12/10/2016).

Kapolda Iriawan masih terus melakukan penyelidikan di Kemenhub maupun kementerian lainnya. Sebab, adanya pungli masyarakat menjadi rugi, baik dari segi materi maupun imaterial.

"Pungli di Kemenhub ini sangat massif, artinya sudah lama terjadi bertahun-tahun dan sudah bukan rahasia umum. Maka, kami akan lakukan terus ini sesuai perintah presiden (Joko Widodo) terhadap undang-undang pelayanan masyarakat. Tempat lain pun yang terindikasi penyimpangan tentang pelayanan dalam pungli akan kami lakukan penyelidikan," tegas Kapolda Iriawan.

Kapolda Iriawan mengimbau kepada masyarakat apabila mengetahui informasi adanya pungli, bisa langsung laporkan ke pihak kepolisian. Sehingga polisi bisa membersihkan kementerian-kementerian dari pungli.

"Masyarakat kalau dapat informasi di institusi lain kasih tahu saya. Ini dapat info dari masyarakat, dan pak menteri langsung. Nah, itu kami sambut langsung, kami lakukan penyelidikan, dan ternyata betul," tandas Kapolda Iriawan.

 
0 Komentar