Senin, 17 Oktober 2016 13:53 WIB

STIP Adakan Diklat Calon Pelaut Secara Gratis

Editor : Danang Fajar
Laporan: Ryan Suryadi

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Menindaklanjuti intruksi Presiden RI Joko Widodo untuk memberdayakan masyarakat usia produktif dan potensial yang kurang mampu secara ekonomi.

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) sebagai institusi pendidikan di bidang kepelauatan mengadakan Diklat Calon Pelaut secara gratis bagi masyarakat yang berminat dan lulus seleksi.

"Acara diklat calon pelaut gratis di laksanakan di auditorium, Jalan Marunda Makmur, Cilincing, Jakarta Utara. Nantinya peserta akan dilatih selama 42 hari untuk dapat memperoleh beragam sertifikasi keterampilan pelaut," kata Ketua STIP, Pranyoto, Senin (17/10/2016) siang.

Pranyoto mengatakan, diklat tersebut diantaranya Basic Safety Training (BST) selama 10 hari, Advance Fire Fighting (AFF) 4 hari, Security Awareness Training for Seafarer with Designated Security Duties (SAT-SDSD) 3 hari, dan rating forming for navigation serta rating forming for angineering watch yang masing-masing selama 25 hari.

"Peserta juga akan di lengkapi dengan buku pelaut ketika selesai mengikuti program pelatihan ini. Program ini diharapkan mampu menciptakan SDM baru di bidang maritim. Gelombang pertama ini diikuti 138 peserta dari total 306 peserta," tutup Pranyoto.
0 Komentar