Rabu, 19 Oktober 2016 13:34 WIB

Ahok Klaim Masalah Sampah di TPST Bantargebang Selesai

Editor : Hendrik Simorangkir

Laporan: Evi Ariska

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyatakan, tak ada lagi masalah pembuangan sampah ke Tempat Pengolahan Sampah Terpadu Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat.

"Udah diselesaikan (masalahnya)," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki Tjahaja Purnama, di Balaikota DKI, Rabu (19/10/2016).

Mantan Bupati Belitung Timur ini mengaku tak tahu jika terjadi antrean panjang untuk membuang sampah di Bantargebang.

Menurut Ahok, antrean panjang itu disebabkan banyaknya truk sampah milik Dinas Kebersihan DKI Jakarta yang membuang dalam waktu bersamaan.

"Saya nggak tahu (kalau masih ada antrean), mesti cek dulu. Ngatur jalan itu saya bilang, truknya terlalu banyak. Berarti dulu nggak pernah masuk," ungkapnya.

Ia juga menerangkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tak akan mengembalikan kepada swasta untuk mengelola TPST Bantargebang.

Untuk itu, lanjut Ahok, dirinya akan memilih kepada Dinas Kebersihan DKI Jakarta yang tak mengupayakan segala cara agar swasta yang kembali mengelola sampah warga Jakarta.

"Yang pasti saya udah bilang, jangan mimpi mau kasih ke swasta. Jadi nggak usah orang dalam mainin kita, tujuannya nanti ujung-ujungnya mengatakan mau kasih ke swasta kembali, nggak ada," jelas Ahok.

Selain itu, tambah Ahok, Pemprov DKI juga berencana menerjunkan tim guna menyelidiki penyebab antrean truk-truk sampah tersebut, termasuk mengevaluasi berapa truk yang dioperasikan setiap hari.

"Sebelumnya, katanya (gara-gara) minyak. Cuma saya tanya lagi, udah beres katanya. Kan kepala dinasnya (Isnawa Adji) lagi di Jepang," pungkasnya.

Sebelumnya, Minggu (16/10/2016), banyak sopir truk sampah DKI mengeluh antrean untuk buang sampah di TPST Bantargebang harus menunggu hingga belasan jam.


0 Komentar