Kamis, 20 Oktober 2016 19:00 WIB

Pemkot Jakut Resmikan Aplikasi E-Warong

Editor : Rajaman
Laporan: Ryan Suryadi

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara resmi meluncurkan aplikasi e-Warong. Peresmian ini dipimpin Walikota Jakarta Utara Wahyu Haryadi.

Aplikasi e-Warong adalah sistem Sistem penyaluran bantuan sosial berbasis non tunai, dibuat untuk mencegah distribusi yang tak tepat kualitas dan kuantitas.

Walikota Jakarta Utara, Wahyu Haryadi mengatakan, saat ini Jakarta Utara menjadi sasaran peluncuran aplikasi yang bisa dikonversi ke beras, gula, minyak goreng, tepung terigu dan sebagainya.

"Jika sebelumnya warga menerima tunai, kedepannya tidak lagi," kata Wahyu Haryadi, di kantor Walikota Jakarta Utara, Kamis (20/10/2016).

Dengan adanya e-warong, Wahyu melanjutkan, warga bisa memilih dan membeli kebutuhannya.

"Jika sebelumnya hanya diberikan beras saja, kini di e-Warong bisa memilih, mau beli beras boleh, terigu atau lainnya juga boleh, sesuai keperluannya," lanjutnya.

Sementara Direktur Penanganan Fakir miskin Perkotaan, Mumu Suherlan mengatakan jika ini adalah program pemerintah. Sasarannya 16,2 juta keluarga miskin.

Dengan adanya e-Warong ini, Mumu mengatakan Kedepannya tidak ada alasan lagi penerima rastra tidak menerima.

"Prinsipnya, program ini adalah bantuan non tunai. Semua penerima akan memiliki rekening tabungan. Dan semua bantuan sosial (tunai dan e-Voucher) akan masuk dalam rekening tersebut," katanya.

Dan di tahun 2016 ini, e-Warong di Jakarta Utara baru dipersiapkan di enam Kecamatan. Rencananya, tahun 2017 nanti akan dimekarkan, dimana tiap kelurahan akan memiliki sekurangnya satu e-Warong.
0 Komentar