Jumat, 21 Oktober 2016 15:03 WIB

Komisi XI DPR Desak Dirjen Bea dan Cukai Diganti

Editor : Hermawan
Laporan: Arif Muhammad Riyan

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan banyak praktik pungutan liar (pungli) di Pelabuhan Tanjug Priok dan melibatkan petugas Direktorat Jenderal Bea dan CUkai (DJBC) yang membekingi para pengusaha dalam pengiriman ekspor dan impor barang.

Menanggapi hal tersebut, anggota Komisi XI DPR, Sarmuji mengatakan, KPK dan aparat penegak hukum dapat menindak tegas terhadap para pelaku pungli di tubuh DJBC.

Pasalnya, praktik pungli ini sudah lama menjadi penyakit dan salah satu penyebab ekonomi nasional tak dapat bersaing dengan negara lain.

"Pungli sudah lama menjadi penyakit ekonomi kita. Di sinilah letak yang membuat barang-barang kita tidak kompetitif dengan negara lain. Kami punya catatan bahwa barang-barang kita itu masuk sebagai kategori negara yang memiliki high cost economy. Karena jelas dari aspek distibusi kan jadi ada biaya tambahan," ucap Sarmuji, saat dihubungi, Jakarta, Jumat (21/10/2016).

Wasekjen Partai Golkar ini menambahkan berdasarkan hasil kajian KPK tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati wajib mengevaluasi kinerja Dirjen Bea dan Cukai, Heru Pambudi.

Sarmuji meminta Sri Mulyani untuk memberikan batas waktu paling lama dua bulan bagi Heru untuk menyelesaikan sengkarut ditubuh DJBC mulai dari praktik pungli hingga dugaan adanya oknum DJBC yang terlibat penyelundupan minuman keras.

"Menkeu agar mengevaluasi kinerja DJBC sebab laporan adanya pungli di jajarannya itu harus ditindaklanjuti apalagi sudah ada kajian dari KPK. Kita dari Komisi XI DPR meminta agar Menkeu memberikan batas waktu sekitar 2 bulan lah. Harus ditargetkan bagi Menkeu untuk melihat apakah kinerja Dirjen Bea dan Cukai mampu menyelesaikan laporan dari sejumlah titik yang selama ini paling sering terjadi nya pungli dan praktik itu. Kalau tidak mampu, terpaksa harus diganti," pungkas Sarmuji.

Sementara itu, pengamat dari Center for Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi mendesak Sri Mulyani untuk tidak ragu mencopot Heru Pambudi selaku Dirjen Bea dan Cukai, sebab Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memberikan contoh konkrit dalam menindak jajaran Kementerian/Lembaga yang terlibat pungli.

Dia pun meminta Tim Satgas Pungli yang rencananya akan dibentuk pemerintah terlebih dahulu fokus menangani praktik pungli di DJBC.

"Ini memalukan karena DJBC melakukan pungli padahal aparat Bea dan Cukai bertugas pada halaman muka negara ini. Masa sih melakukan pungli ini merugikan negara dan memalukan investor. Tim Satgas Pungli yang sedang dibentuk Jokowi yang pertama harus fokus di Bea dan Cukai dulu," tegasnya.

 
0 Komentar