Kamis, 27 Oktober 2016 22:14 WIB

Kemenpora Tingkatkan Koordinasi dan Anggaran Tepat Sasaran untuk Pemuda

Editor : Eggi Paksha

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terus menambah dan  memajukan pengetahuan pemuda.


Kali ini, dalam bidang teknologi melalui Pameran Nasional Teknologi Tepat Guna dan Industri Karya Pemuda 2016,  di Auditorium Wisma Kemenpora, Jakarta, Kamis (27/10/2016). Asisten Deputi Kemenpora bidang Peningkatan IPTEK dan IMTAK Pemuda, Esa Sukmawijaya, menerangkan ada berbagai kendala yang dialami pemuda dalam berkarya.


Khususnya, ditambahkannya, dibidang teknologi, sehingga prestasi itu sulit tercipta. "Prestasi pemuda Indonesia sangat memperihatinkan. Itu karena koordinasi kurang berjalan lancar, dan selalu terbentur. Selain itu juga, kendala anggaran yang dikeluarkan tidak berfungsi untuk kebutuhan pemuda dengan baik dan benar," ujarnya.


"Terakhir, saat ini banyak wirausaha muda yang menurun drastis. Sementara penganggurannya terus meningkat," imbuh Esa.



Untuk itulah, Esa menjelaskan, Kemenpora mencoba memfasilitasi kebutuhan pemuda tersebut, termasuk menyediakan panggung untuk memperlihatkan kreatifitas yang diciptakan. Sehingga, bisa dinikmati dengan semestinya dan tepat sasaran. Tidak hanya dari kalangan SMU atau universitas, tapi juga pengusaha swasta.


"Kemenpora menyiapkan wadah untuk para pemuda. Selain itu kami juga melakukan koordinasi dengan berbagai kementrian seperti Kemendikbud, Kemenritekdikti, BPPT, LIPI, dan Kemendes," papar Esa.



Diharapkannya juga, pemuda dapat mengembangkan kapasitas, kompetensi dan karakter agar dapat menjawab tantangan yang menghadang. Untuk itu, diperlukan banyak inovasi dengan penggunaan teknologi yang terus didorong.


"Melalui tema peringatan Hari Sumpah Pemuda 'Pemuda Indonesia Menatap Dunia', maka sudah saatnya pemuda Indonesia menciptakan prestasi menghadapi tantangan global sehingga mampu bersaing di kancah internasional," tambah Esa.(exe/ist)


0 Komentar