Jumat, 28 Oktober 2016 23:23 WIB

PT WK Diprediksi Kesulitan Perbaiki Kerusakan Pipa PT Aetra

Editor : Eggi Paksha
Laporan: Muchammad Syahputra

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Pipa air milik PT Aetra jebol akibat terkena alat berat proyek pembangunan jalan tol Becakayu di Jalan DI Panjaitan, Kebon Nanas, Jatinegara, Jakarta Timur.

Alhasil, air yang biasa digunakan para warga ibukota menjadi terbuang sia-sia. Pipa premier yang jebol berdiameter 80 centimeter.

Dari informasi yang dihimpun, ternyata pipa tersebut sudah jebol sejak Rabu (26/10/2016). Meski demikian, tidak berdampak buruk terhadap warga sekitar, karena masih terdapat saluran air penghubung.

Di lokasi kejadian, Jumat (28/10/2016), pipa bocor sudah dibuat sebuah kubangan, untuk mengalirkan air bocor ke saluran PHB yang menghubungkan ke kali Cipinang. Sehingga tidak membuat genangan.

Salah satu pekerja proyek Becakayu, Wanto (28), mengatakan jika pipa air yang jebol tersebut akibat tertimpa alat berat borphile yang sedang melakukan pengeboran sedalam 30 meter. "Rencananya memang di lokasi tersebut dibor untuk pemasangan tiang pancang jalan tol. Untungnya, di sekitar lokasi ada saluran air. Jika tidak maka airnya bisa menggenani jalan raya," ujarnya, di Jalan DI Panjaitan, Kebon Nanas, Jatinegara, Jakarta Timur, Jumat (28/10/2016).

Pihaknya juga sudah melakukan penggalihan secara manual. Jika sudah mengetahui titiknya dengan tepat, akan dilakukan perbaikan sebagai bentuk tanggung jawab PT Waskita Karya (WK), selaku kontraktor proyek Tol Becakayu.

Sementara itu, pihak Manajer Humas PT Aetra, Rika Anjulika, membenarkan peristiwa tersebut. Namun pihaknya sudah mendapatkan kabar terkait kapan akan diperbaiki agar dapat kembali normal.

"Mungkin sekitar Minggu (30/10/2016). Perbaikan akan dilakukan PT Waskita Karya. Perbaikan akan sulit karena ini merupakan pipa crossingan. Saat ini kami sedang mengantisipasinya dengan cara mengurangi tekanan airnya," ujar Rika, saat dihubungi awak media.

Dalam kejadian tersebut pihaknya juga belum mengetahui berapa kerugian yang dialami. Sebagai informasi, hal serupa juga sudah terjadi sampai empat kali.

Tiga kejadian sebelumnya yakni melanda kawasan Jalan Inspeksi Kalimalang. Pihaknya akan menyiapkan mobil tangki berisi air bersih jika kebocoran pipa ini berdampak pada menurunnya pasokan ke pelanggannya.

Pipa primer ini mengalirkan air bersih ke tiga kelurahan. Masing-masing yakni Bidaracina, Rawabunga dan Cipinang Besar Selatan (CBS), kecamatan Jatinegara.(exe)
0 Komentar