Sabtu, 29 Oktober 2016 16:24 WIB

Ketua DPR Minta Cagub DKI Hindari Pernyataan yang Timbulkan Konflik

Editor : Danang Fajar
Laporan : Arif Muhammad Riyan

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Ketua DPR RI, Ade Komarudin mengatakan, semua Cagub dapat menghindari pernyataan yang memicu ketegangan seperti contohnya salah satu calon Gubernur DKI Jakarta yang mengeluarkan kata-kata kontroversial.

"Pernyataan-pernyataan yang dapat memicu ketegangan di masyarakat harus dihindari. Sebaliknya, tokoh-tokoh politik harus memberikan pernyataan yang menciptakan kedamaian," ucap Ade melalui siaran pers yang diterima Tigapilarnews.com, Sabtu (29/10/2016).

Dikatakan Ade, perlu ada kebijaksanaan dan perhatian yang sangat serius oleh para pemimpin bangsa ini. Tak hanya itu, kondisi para pemimpin bangsa juga harus akur.

Atas dasar itu, kata Ade, berbagai elite politik di daerah juga harus turut bertanggung jawab menjaga kedamaian dan ketenangan di tengah masyarakat luas.

"Apalagi saat ini, aksi demontrasi yang menuntut salah satu calon Gubernur Jakartauntuk diproses hukum oleh kepolisian terus terjadi di berbagai daerah," cetusnya.

"Situasi ini mulai mengkhawatirkan bila melihat sebaran demontrasi masyarakat. Saya takut ada ormas yang anggotanya yang diperalat oleh kelompok-kelompok tertentu dan masuk skema sebagai martir yang bertujuan membuat negara semakin tidak terkendali," sambungnya.

Selain itu, Ade mengingatkan, setiap kandidat harus menjaga sikap satu sama lain, jangan ada kampanye SARA. Tambah Ade, pihak mayoritas harus mengayomi yang minoritas dan yang minoritas harus menghormati yang mayoritas.

"Mari kita jaga persatuan dan kesatuan bangsa ini sama-sama. Jangan sampai gara-gara Pilkada keutuhan negeri ini terganggu," tandas pria yang akrab disapa Akom itu.
0 Komentar