Minggu, 06 November 2016 15:42 WIB

Jokowi Diminta Jelaskan ke Publik Siapa Aktor Politik Dibalik Aksi Demo 4 Berakhir Ricuh

Editor : Rajaman
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Pengamat Politik LIPI Siti Zuhro meminta kepada Presiden Jokowi untuk segera menjelaskan kepada publik siapa tokoh atau aktor utama yang diduga mendalangi terjadinya aksi kericuhan dalam aksi demo 4 November kemarin.

"Pernyataan tentang adanya aktor politik yang menunggangi perlu dijelaskan agar tidak menimbulkan saling curiga atau sikap sakwasangka yang berujung pada rasa saling curiga atau saling menuduh. Iklim politik yang panas harus dibuat cooling down, bukannya malah makin memanaskan," kata Siti saat dihubungi, Minggu (6/11/2016).

Ia pun berpendapat, bila memang ada aktor politik yang menunggangi, seberapa besar perannya dalam menggerakkan ummat Islam untuk menuntut keadilan.

"Bukankah protes damai yang melibatkan umat Islam lebih didorong oleh tekad mereka agar penista agama diproses secara hukum. Umat Islam hanya ingin ada penegakan hukum dan keadilan," tanya Siti heran.

Menurut wanita akrab disapa Wiwik menilai, kalau pun ungkapan Jokowi benar tentang adanya aktor politik yang menunggangi, pertanyaannya seberapa signifikan itu mengotori jihad ummat Islam. Terlebih, hal ini yang perlu dikemukakan secara gamblang dan menunjuk fakta emipiris agar tak menimbulkan rumor politik atau fitnah baru dalam kehidupan kenegaraan saat ini.

"Bila tidak ungkapan tersebut akan merugikan umat Islam dan (aktor) politisi. Karena sejak awal kecurigaan terhadap kekuatan politik dan atau politisasi demo ummat sudah ditampakkan," cetusnya.
0 Komentar