Selasa, 08 November 2016 12:12 WIB

Kota Bekasi Kekurangan Mobil Pemadam Kebakaran

Editor : Hermawan
Laporan: Rachmat Kurnia

BEKASI, Tigapilarnews.com - Semakin meluasnya permukiman penduduk di kota Bekasi, tentu menimbulkan suatu masalah, salah satunya adalah kebakaran.

Apabila kebakaran terjadi, mobil pemadam sering kali terlambat datang ke lokasi. Hal tersebut lantaran minimnya jumlah mobil pemadam kebakaran (damkar) dan sumber daya manusia (SDM) di Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi Teddy Habni mengatakan di kota Bekasi hanya terdapat 16 mobil damkar.

“Sekarang kita punya 16 unit, tapi hanya 13 unit yang bisa digunakan apabila sewaktu-waktu terjadi kebakaran,” ungkap Teddy, Senin (7/11/2016) petang.

Teddy menuturkan idealnya untuk kota Bekasi yang memiliki jumlah 2 juta penduduk harus memiliki 70 unit mobil pemadam kebakaran.

“Untuk kota sebesar Bekasi, harusnya memiliki 70 unit mobil damkar. Jadi 1 unit mobil damkar bisa melayani 30 ribu jiwa, dan untuk lebih efektif lagi pada setiap kelurahan itu memiliki 1 unit mobil damkar," ujar Teddy.

Tidak hanya kekurangan unit mobil damkar, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi pun kekurangan jumlah personel.

“Sekarang kan hanya punya 106 orang. Itu sangat tidak efektif, seharusnya ya ditambah lagi jadi 400 orang, itu sudah cukup efektif, " tandas Teddy.

 
0 Komentar