Senin, 05 Juni 2017 23:55 WIB

Tagana Dinsos Buka Tenda di Lokasi Kebakaran Koja

Editor : Yusuf Ibrahim
Suasana kebakaran di Koja, Jakarta Utara. (foto Ryan Suryadi/Tigapilarnews.com)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Kebakaran di Koja, Jakarta Utara, menghanguskan puluhan rumah.

Lokasi kebakaran ini terjadi di dua rukun tetangga (RT). "Dari informasi yang kita kumpulkan ada sebanyak 75 rumah yang terbakar. Di RT 07 jumlahnya 50 rumah. Kalau di RT 05 ada 25 bangunan," kata Perwira Piket Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakut, Idrisman di lokasi, Gang Wahana, Jalan Tanah Merah, Koja, Jakut, Senin (05/06/2017).

Pemadaman yang dilakukan petugas selesai pukul 19.49 WIB dengan mengerahkan sebanyak 16 unit mobil pemadam kebakaran. Hampir selama empat jam pemadaman api dilakukan petugas disebabkan beberapa hal.

"Akhirnya api dapat dipadamkan setelah dilakukan pendinginan yang cukup lama. Lama ini karena yang terbakar tumpukan sampah plastik, ketiban puing dan seng. Jadi susahnya setengah mati," ujarnya.

Idrisman belum dapat menyimpulkan penyebab kebakaran ini. Ada dua kemungkinan yang didapatkan berdasarkan keterangan dari warga.

"Kalau tadi Pak RW bilang ada korsleting di sana, lalu menyambar ke mobil. Tapi kemungkinan itu kecil. Lalu ada kemungkinan karena petasan meledak di bawah mobil, kalau itu bisa cepat menyambarnya api. Tapi penyebab pastinya masih didalami kembali nanti oleh kepolisian," ucapnya.

Petugas PKP masih menyiram air ke beberapa titik. Hal ini dilakukan untuk mencegah api menyala kembali karena disebabkan sisa kebakaran tertiup angin.

Pantauan di lokasi, selain bangunan rumah, ada lima unit mobil dan satu unit motor yang terbakar. Beberapa orang mengalami luka karena kebakaran ini.

Ada ratusan orang yang terkena dampak kebakaran ini. Taruna Siaga Bencana (Tagana) dari Dinas Sosial akan membuka tenda di sekitar lokasi untuk para warga yang jadi korban atas kebakaran tersebut.(exe/ist)


0 Komentar