Kamis, 10 November 2016 12:21 WIB

Duet Anies-Sandi Siap Beri Program Kesejahteraan untuk Perempuan

Editor : Rajaman
Laporan: Yanti Marbun

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Kurangan perhatian pemerintah provinsi (Pemprov) DKI pada pelayanan dan perlindungan wanita membuat pasangan no urut tiga Anies Baswedan dan Sandiaga Uno akan memaksimalkan program mereka untuk kesejahteraan perempuan.

"Kami ingin untuk memuliakan perempuan Jakarta," ujar Calon Gubernur (Cagub) DKI Anies Baswedan, Kamis (10/11/2016).

Anies membeberkan salah satu perhatian khusus pada kesejahteraan wanita diantaranya dengan mendukung inisiasi menyusu dini dan memberikan air susu ibu (ASI) eksklusif.

"Kami ingin agar dalam waktu lima tahun, ada 80 persen perempuan menyusui yang melaksanakan ASI eksklusif. Nanti ada perekrutan jumlah konselor menyusui di puskesmas dan rumah sakit, untuk menyukseskan penerapan 10 Langkah Menuju Keberhasilan menyusui," jelasnya.

Mantan Mendikbud ini pun juga akan memberikan kemudahan pada istri dengan memberikan cuti khusus untuk suami. Cuti atau paternity leave itu khusus untuk para suami yang bekerja di kantor pemerintahan.

"Dia akan dapat cuti satu minggu sebelum melahirkan, dan tiga minggu sesudahnya," ucap Anies.

Selain itu mereka juga akan menyediakan fasilitas-fasilitas publik khusus seperti tempat menyusui dan Tempat Penitipan Anak (TPA) yang dikelola secara profesional, sehat, dan bisa diakses seluruh warga.

Senada dengan Anies,. Sandiaga menambahkan, ruang menyusui atau laktasi akan diwajibkan di setiap mal dan perkantoran. Penerapan program daycare di pasar serta instansi pemerintahan juga akan disediakan

"Ruang laktasi harus nyaman. Sehingga mendukung perempuan untuk memberi ASI eksklusif," ujar Sandi.

"Tentu bersubsidi dengan harga terjangkau dan sesuai standar nasional,"tambahnya.
0 Komentar