Kamis, 10 November 2016 19:35 WIB

Walikota Tangerang Resmikan Gedung Juang TMP Taruna

Editor : Rajaman
Laporan: Hendrik Simorangkir

TANGERANG, Tigapilarnews.com - Bertepatan dengan Hari Pahlawan yang diperingati pada 10 November, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menggelar upacara dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Taruna yang terletak di Jalan Daan Mogot Kota Tangerang.

Pelaksanaan upacara peringatan Hari Pahlawan di Kota Tangerang yang diikuti oleh unsur TNI/Polri dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) tersebut juga ditandai dengan peresmian Museum Juang Taruna yang berada di dalam komplek TMP Taruna.

Museum Juang Taruna tersebut diresmikan secara langsung oleh Walikota Tangerang, Arief R. Wismansyah, bersama dengan para veteran perang dan pelaku sejarah Peristiwa Lengkong di tahun 1946.

Dalam acara yang juga dihadiri oleh para pejabat Muspida di Kota Tangerang tersebut, Arief menjelaskan, bahwa perjuangan para pahlawan yang umumnya saat itu masih berusia sangat muda patut menjadi motivasi bagi kita untuk mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal positif yang bisa bermanfaat bagi lingkungan di sekitar kita.

"Kita yang hadir disini bisa meneruskan perjuangan para pahlawan. Mayor Daan Mogot yang gugur di usia sangat muda mengajarkan pada kita bahwa usia muda harus mulai belajar untuk mencintai tanah air menjaga dan membela bangsanya," ujar Arief, Kamis (10/11/2016).

Lanjutnya, lewat koleksi foto-foto dan ilustrasi peristiwa Peristiwa Lengkong yang terjadi pada 25 Januari 1946 yang ada di Museum Juang Taruna diharapkan mampu menggugah semangat pantang menyerah para generasi muda untuk mengisi kemerdekaan dengan karya nyata.

"Alhamdulillah setelah bertahun-tahun, masyarakat tahunya gedung TMP Taruna saja, masuk kesini berasa agak-agak serem. Tapi Alhamdulillah ruangannya sudah direhab dan diisi dengan materi perjalan sejarah pejuang," katanya, sembari melihat-lihat lokasi gedung TMP Taruna.

Museum Juang Taruna tersebut, Arief menambahkan, akan dibuka untuk umum dan diharapkan akan menjadi destinasi wisata edukasi baru di Kota Tangerang, sekaligus bisa menambah khasanah perjuangan bangsa Indonesia merebut kemerdekaan di Kota Tangerang.

"Dan dengan keberadaan gedung ini mudah-mudahan kita bisa meneladani semangat mereka dan para generasi muda bisa belajar dari para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan kita," tutup Arief.
0 Komentar