Senin, 14 November 2016 14:20 WIB

Ini Faktor Pendukung Elektabilitas Agus-Sylviana Melejit

Editor : Hermawan
Laporan: Bili Achmad

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Pasangan calon (paslon) dalam Pilgub DKI 2017 dengan jargon 'Jakarta for All', Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni (Agus-Sylviana) menempati posisi pertama survei elektabilitas dari tiga paslon yang dirilis Lembaga Konsultan Politik Indonesia (LKPI).

Dengan hasil survei mencapai 27,6 persen, pasangan Agus-Sylviana berpeluang memenangkan kontestasi Pilgub DKI Jakarta 2017.

"Poin pendongkrak elektabilitas Agus-Sylviana yang pertama ketika dalam pidatonya Agus menyampaikan program Bantuan Langsung Sementara (BLS) sebesar Rp 400 ribu untuk setiap rakyat miskin, bagi pemilih kelas menengah kebawah itu sesuatu yang rasional," jelas pengamat politik Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Ubedilah Badrun, di Resto Pulau Dua, Senayan, Jakarta Selatan, Senin (14/11/2016).

"Kemudian poin kedua Agus-Sylviana kombinasi yang ideal, secara etnis Agus orang Jawa, sementara pemilih Jakarta mayoritas Jawa, ditambah mayoritas ketiga adalah Betawi, Betawi ada Ibu Sylviana," ujar Ubedilah.

Selain itu tampilan personal Agus yang terlihat tegas dan santun menjadi faktor yang dirasa mendongkrak elektabilitas pasangan Agus-Sylviana.

"Itu kan jawaban dari problem Ahok. Ahok itu tegas tapi kurang santun, sedangkan Agus tegas dengan latar belakang militer kemudian dia santun. Ini yang menyebabkan Agus elektabilitasnya lompat," pungkas Ubedilah.

 
0 Komentar