Jumat, 18 November 2016 08:04 WIB

Wikipedia Klarifikasi Tulisan Habib Rizieq Teroris Jaringan Internasional

Editor : Eggi Paksha

Laporan: Bili Achmad


JAKARTA,Tigapilarnews.com - Salah satu situs ensiklopedia terlengkap di dunia, Wikipedia sempat terlihat memposting konten bernuansa vandalisme soal profil Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq, Kamis (17/11/2016) sekira pukul 06.47 WIB


Berdasarkan pantauan Tigapilarnews.com, dalam suntingan tersebut profil lengkap Muhammad Rizieq Shihab atau Habib Rizieq disebut sebagai seorang teroris yang memiliki jaringan internasional.


"Habib Rizieq adalah seorang TERORIS dan memiliki jaringan TERORIS INTERNASIONAL yang menjalankan misinya sesuai yang diajarkan di dalam Al'Quran," tulis suntingan Wikipedia Bahasa Indonesia, Kamis (17/11/2016) sekitar pukul 06.47 WIB.


Selang beberapa waktu suntingan bernuansa vandalisme tersebut kemudian segera diperbaiki oleh pihak Wikipedia Bahasa Indonesia.


Ketika ditanya soal suntingan tersebut, pihak Wikipedia menyebut hal semacam itu memang lazim terjadi mengingat wikipedia yang bersifat bebas, terbuka, dan dapat disunting siapa saja.


"Untuk suntingan seperti ini sudah cukup lazim terjadi pada artikel-artikel mengenai tokoh atau peristiwa yang sedang menjadi kontroversi," tulis salah seorang pengurus Wikipedia Bahasa Indonesia, Ramzy, kepada Tigapilarnews.com saat dikonfirmasi, Kamis (17/11/2016)


"Untungnya sekarang sudah dikembalikan semula oleh kontributor lain," imbuhnya.


Dengan jumlah 20 orang lebih pengurus serta 142 editor yang bertugas melakukan pengawasan terhadap artikel-artikel kemudian kesibukan lain di dunia nyata, Wikipedia mengakui tidak bisa mengawasi ribuan kontribusi selama 24 jam.


"Sejauh ini vandalisme di Wikipedia bahasa Indonesia dapat dideteksi dan dipulihkan dalam waktu yang cukup cepat," tegasnya.


Selain melakukan langkah represif melalui pemulihan secara cepat oleh pengurus yang bekerja secara profesional, Wikipedia juga melengkapi sistemnya dengan langkah-langkah preventif guna mengurangi hal serupa terjadi.


"Kami selalu menganjurkan kontributor untuk mendaftar dan mengikuti tutorial yang tersedia agar kontribusi mereka sesuai dengan standar dan panduan yang ada," lanjutnya.


Hingga saat ini Wikipedia masih melakukan pemeriksaan terhadap penyunting profil Habib Rizieq bernuansa vandalisme tersebut.


"Untuk saat ini kami masih perlu mengecek apakah alamat IP tersebut adalah milik pribadi atau umum, jika pelaku vandalisme tersebut adalah pengguna yang terdaftar, maka proses pemblokiran akan dapat lebih cepat," tutupnya.


Mencegah hal serupa kembali terjadi, Wikipedia Bahasa Indonesia kini terus berusaha mengurangi vandalisme dan meningkatkan mutu artikelnya.(exe/ist)


0 Komentar