Senin, 21 November 2016 13:13 WIB

BPOM Temukan 7 Makanan Berbahaya di Pasar Kramat Jati

Editor : Danang Fajar
Laporan: Muchammad Syahputra

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Suku Dinas (Sudin) Kelautan Perikanan dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Timur bersama Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) menggelar sidak bahan makanan di Pasar Kramatjati, Jakarta Timur, Senin (21/11/2016).

Dalam sidak yang dilakukan, petugas terlebih dahulu mengambil sampel bahan makanan yang akan diperiksa, usai dilakukan pemeriksaan ada beberapa bahan positif mengandung rodamine, formalin dan boraks.

"Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh BPOM bahan olahan makanan seperti mie dan kerupuk dan lainnya terindikasi roda mine, formalin serta boraks," ujar Kepala Seksi perikanan, Sudin KPKP Jakarta Timur Mahad, di Pasar Kramatjati, Jakarta Timur, Senin (21/11/2016).

Sementara itu, Manager Pasar Kramat Jati Agus Lamun menjelaskan, penyidakan ini adalah suatu hal yang baik untuk dilakukan karena pedagang mengerti apabila menjual bahan makanan berbahaya dapat merugikan pembeli.

"Karena jelas dalam kondisi ini pembeli dapat dirugikan, karena sidak bahan makanan ini sudah dilakukan 2 kali disini dan harusnya penjual harus belajar," ungkapnya, dilokasi yang sama.

Selain itu, pihaknya juga akan memberikan peringatan keras untuk para pedagang yang diketahui menjual bahan pangan olahan yang positif rodamine (bahan pewarna pakaian) dan boraks.

"Tindakan yang akan dilakukan memberikan peringatan agar tidak menjual barang dagangan seperti itu, tapi jangan cuma pedagang saja diperiksa ada tindak lanjut juga ke produsennya, dan produsen juga harus sadar, karena ini dijual ke masyarakat, dan kita akan melakukan pembinaan," tambahnya.

Dirinya juga berharap, kedepannya hal seperti ini tidak terjadi lagi di Pasar Kramatjati, selain memberikan pembinaan yang bersangkutan juga harus membuat surat perjanjian dengan catatan tidak menjual kembali bahan makanan terindikasi zat berbahaya.

"Mereka harus membuat surat perjanjian. Bahwa kami akan terus membuat pembelajaran untuk para, pedagang, dan bagaimana hal tersebut akan terealisasi kedepannya," pungkasnya.

Sekedar informasi, bahan makanan yang terindikasi boraks, rodamine dan formalin diantaranya Blenk Cristal boraks, Mie kuning olahan formalin, Pempek boraks, Tahu formalin, Kerupuk gendar boraks, Kerupuk tempe boraks,Kerupuk merah rodamine totalnya ada 7 bahan makanan berbahaya.
0 Komentar