Selasa, 22 November 2016 20:16 WIB

Jelang Demo Bela Islam Jilid III, Polres Jakut Pimpin Apel Siaga

Editor : Rajaman
Laporan: Ryan Suryadi

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Menjelang aksi demonstrasi Bela Islam Jilid III membuat aparat kepolisian siaga dalam mengantisipasi segala gangguan yang nanti akan terjadi.

Kapolres Jakarta Utara Kombes Awal Chairudin mengatakan, guna mempersiapkan hal tersebut pihaknya mendapatkan BKO personel yang didatangkan ke wilayah Jakarta Utara berjumlah 160 personel Brimob yang ditempatkan disejumlah titik lokasi rawan.

"Saya mengucapkan terima kasih dan selamat darang kepada rekan-rekan Brimob dari Kalimantan Barat, saya harapkan kehadiran kalian bisa semakin menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Jakarta Utara," ujar Awal dalam apel siaga di Jl. Komp PT HI, Kelapa Gading, Selasa (22/11/2016).

Selain untuk mengantisipasi terjadinya kerawanan dalam rencana aksi demonstrasi pada 25 November dan 2 Desember, Awal mengungkapkan keberadaan Brimob dari Kalimantan Barat itu juga dapat mempertebal pengamanan Harkamtibmas di wilayah hukum Polres Jakarta Utara.

"Kita harus tetap mewaspadai adanya aksi-aksi berikutnya yang melanggar hukum di luar agenda aksi demonstrasi damai penistaan agama dan selalu mengikuti perkembangan terkini dengan sumber informasi dari intelijen. Namun semua harus mengikuti ketentuan dan arahan yang berlaku dalam satuan Brimob," tuturnya.

Lebih lanjut, Awal menyebutkan tugas dari satuan Brimob asal Kalimantan Barat itu adalah untuk menggantikan ataupun membantu tugas keseharian dari anggota Polres Metro Jakarta Utara yang jumlah personelnya sangat terbatas.

"Berikan rasa aman dan ketenangan kepada masyarakat, jangan sampai karena isu demo tersebut kemudian membuat gejolak dan rasa takut yang tidak perlu di tengah masyarakat. Kehadiran rekan-rekan adalah untuk memastikan kamtibmas di Jakarta Utara terjamin," tambahnya.

Ia mengaku akan membagi penempatan personel tersebut ke sejumlah titik yang dianggap rawan menjadi obyek tindakan melanggar hukum dengan melihat perkembangan dan situasi terkini yang ada saat ini.

Wilayah tersebut diantaranya obyek vital seperti Depo Terminal BBM Pertamina Plumpang, Kawasan Berikat Nusantara (KBN), sejumlah kawasan tempat tinggal, perkantoran, dan pusat perbelanjaan di wilayah Kelapa Gading, Sunter, Pluit, dan Pademangan.

Dalam apel gabungan yang dimulai sekitar Pukul 15.30 WIB itu juga dihadiri oleh Kapolsek Kelapa Gading, Kompol Argo Wiyono; Danramil Kelapa Gading, Mayor Edi Purwoko; Camat Kelapa Gading, Yusuf Madjid dan sejumlah personel dari kesatuan masing-masing.

Total ada 217 personil yang dikerahkan dalam apel tersebut, yakni terdiri dari 30 anggota Polsek Kelapa Gading, 10 anggota Koramil dan Mitra Jaya Kelapa Gading, 160 personil BKO Brimob, 5 anggota Pokdar Kamtibmas, dan 12 anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).
0 Komentar