Rabu, 23 November 2016 23:22 WIB

Kita Indonesia Bersatu Serukan Enam Sikap Jaga Keberagaman NKRI

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapialrnews.com- Kondisi negara Indonesia yang belakang ini terus mengancam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), memantik adanya gerakan yang mendeklarasikan diri Kita Indonesia Bersatu.

Langkah ini dilakukan mengingat pendiri bangsa yang sesungguhnya telah susah payah mendirikan dan meletakkan kebhinekaan sebagai satu dasar keberasaan bangsa Indonesia.

Bahkan kebhinekaan merupakan realitas bangsa yang tidak dapat dipungkiri keberadaanya, untuk menjadi kekuatan Indonesia lengkap dengan latarbelakang oleh pengakuan kebhinekaan. Taufan Hunneman, Ketua tim deklarasi Kita Indonesia Bersatu, mengatakan jika pihaknya terpanggil karena banyak gerakan yang mengancam kebhinekaan.

Untuk itu, dilanjutkannya, harus segera diakhiri. “Kita harus terus merawat keberagaman dalam bingkai NKRI. Lahirnya Kita Indonesia Bersatu hari ini, akan menjadi bagian dari kekuatan besar yang akan bersama-sama merawat keberagaman dalam bingakai NKRI,” kata Taufan didampingi Iwan Sulaiman Soelasno, Sekretaris Kita Indonesia Bersatu, di Jakarta, Rabu (23/11/2016).

Untuk itulah, tim deklarasi Kita Indonesia Bersatu menyatakan enam sikap yang perlu dilakukan. Satu, keberagaman adalah jatidiri dan kekuatan NKRI yang harus terus dijamin keberlanjutannya sampai anak cucu kita.

Dua, kami bersama elemen masyarakat sipil lainnya akan menolak dan melawan berbagai macam grand design, yang akan menghancurkan keberagaman dan kebhinekaan Indonesia yang telah dijamin didalam konstitusi kita.

Ketiga, menyerukan kepada seluruh rakyat Indonesia memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada pemerintah pusat dan pemerintahan daerah untuk bekerja serta merumuskan kebijakan yang menjunjung tinggi keberagaman serta kebhinekaan sebagai salah satu prasyarat terciptanya stabilitas politik, sosial dan ekonomi.

Keempat, mendorong pemerintah dan semua anak bangsa dari berbagai suku, agama, dan ras yang berbeda-eda untuk segera melakukan integrasi nasional. Kelima, memberikan solusi untuk integrasi bangsa, yaitu nilai-nilai yang mempersatukan para pendiri bangsa kita dahulu, yang bisa terus kita plihara dan perkuat dari generasi ke generasi.

Keenam, Pilkada sejatinya menjadi pertarungan gagasan, visi dan misi setiap calon daerah. Maka Kita Indonesia Bersatu memintya kepada semua kontestan politik di seluruh Indonesia untuk menghindari materi-materi kampanye yang bernuasa SARA, dan cenderung merusak kebhinekaan.(exe/ist)
0 Komentar