Selasa, 20 Desember 2016 13:14 WIB

Gunungan Sampah di Kolong Tol Kebon Bawang, Sudin Kebersihan Jakut Bikin TPS Baru

Editor : Hermawan
Laporan: Ryan Suryadi

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Kasudin Kebersihan Pemkot Jakarta Utara, Slamet Riyadi mengatakan warga di Kelurahan Sungai Bambu menjadikan Kolong Tol Kebon Bawang sebagai tempat pembungan sampah (TPS).

"Untuk lokasi penentuan pembuangan sampah, itu bukan pihak kami yang menentukan. Justru, warga yang tinggal di kawasan itu juga yang menentukan sendiri. Sehingga di Kolong Tol Kebon Bawang, dijadikan tempat pembuangan‎ sampah. Memang dasarnya warga di kawasan itulah yang rajin membuang sampah di Kolong Tol Kebon Bawang itu," ujar Slamet, saat dihubungi, Selasa (20/12/2016).

Slamet menjelaskan, pihaknya kerap menyediakan beberapa unit truk pengangkut sampah, hingga alat pengeruk, guna meminimalkan penumpukan sampah. Sebab, sampah di Kolong Tol Kebon Bawang sulit untuk diminimalisir.

"Karena banyaknya sampah, gunungan sampah di Kolong Tol Kebon Bawang susah menurun. Padahal, kami sering melakukan pengangkutan, tapi volume sampahnya tidak juga berkurang. Bahkan sering kali sebagian ‎sampah tidak terangkut. Warga di sana memang tak ada lokasi lagi atau bisa dikatakan tidak ada lahan lain untuk menjadikan tempat pembuangan sampah," papar Slamet.

Menindaklanjuti keluhan warga, serta meminimalkan akan volume sampah di Kolong Tol Kebon Bawang, Slamet akan membangun TPS di Kawasan Papanggo.

"Kami memang merencanakan akan membangun sebuah TPS di sekitar Waduk Cincin, Kelurahan Papanggo. Terkait hal itu, nantinya Pemkot Jakarta Utara, akan bekerja sama dengan PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk, melalui dana corporate Social Responsibility‎ (CSR),” ucap Slamet.

“Jadi intinya, TPS yang di Kolong Tol Kebon Bawang, akan dipindahkan langsung ke TPS ‎yang baru, yaitu disekitar Waduk Cincin. Selain itu, informasi yang kami dapat rencana dimulai pembangunan TPS-nya sekitar awal atau pertengahan Januari 2017," pungkas Slamet.

 
0 Komentar