Kamis, 22 Desember 2016 06:55 WIB

Pangdam XIII/Merdeka Jelaskan Penyebab Tewasnya Anggota Kopassus di Poso

Editor : Eggi Paksha
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XIII/Merdeka, Mayjen TNI Ganip Warsito, menyatakan tewasnya Pratu Yusuf Bahrudin (24).

Diutarakannya, anggota Kopassus tersebut tewas saat baku tembak dengan kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng) dalam rangka untuk mengejar sisa-sisa kelompok MIT.

Warsito mengatakan, ini bagian operasi untuk memastikan sisa-sisa kelompok MIT yang ada di Poso. TNI AD terus akan membantu Polisi dengan mengembangkan operasi-operasi Tinombala.

"Awalnya, prajurit kami mendapat informasi jejak mereka. Di situlah terjadi kontak senjata dan satu prajurit kena tembak di bagian punggung," ujar dia di Manado, Rabu (21/12/2016).

Menurut dia, ketika tertembak prajurit masih dalam keadaan sadar. Tim evakuasi pun dikirimkan dengan menggunakan helikopter. Tapi, cuaca tidak mendukung sehingga batal diturunkan.

"Akhirnya dilakukan evakuasi melewati jalur darat dengan memakan waktu tempuh enam jam. Di situlah prajurit yang saya banggakan berjuang hingga titik darah penghabisan. Namun, nyawanya tidak tertolong," ujar Warsito.

Menurut Pangdam, mengenai situasi Poso saat ini sudah semakin membaik. Bahkan ada pengurangan batalyon untuk tidak dilibatkan lagi.

"Teridentifikasi kekuatan musuh di sana sekira enam orang. Dengan kekuatan persenjataan mereka satu hingga dua," pungkas Pangdam yang menguasai wilayah Provinsi Sulawesi Utara, Provinsi Gorontalo dan Provinsi Sulawesi Tengah.(exe/ist)
0 Komentar