Jumat, 23 Desember 2016 17:09 WIB

Angka Kematian Ibu Melahirkan di Kabupaten Tangerang Tahun 2016 Meningkat

Editor : Danang Fajar
Laporan: Hendrik Simorangkir

TANGERANG, Tigapilarnews.com -Kabupaten Tangerang menjadi wilayah tertinggi kedua di Provinsi Banten yang memiliki angka kematian ibu saat melahirkan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Naniek Isnaini mengtakan, tahun 2016 kematian ibu melahirkan mengalamu peningkatan sekitar 20 persen dari tahun 2015.

"Untuk angka kasus kematian terhadap ibu melahirkan, Kabupaten Tangerang alami peningkatan 63 kasus dibandingkan tahun lalu sebanyak 52 kasus. Hal ini dikarenakan, banyak ibu hamil yang mengalami pendarahan saat dan setelah melahirkan," ujar Naniek, Jumat (23/12/2016).

Akan hal tersebut, Naniek menambahkan, Dinas Kesehatan Tangerang akan melakukan sosialisasi dengan para pasangan suami istri di wilayah Kabupaten Tangerang, untuk mampu menekan angka kematian ibu melahirkan dengan membentuk pribadi suami siaga, dengan intens mengajak istrinya untuk rutin periksa kehamilan sebanyak empat kali.

"Tak hanya kepada ibu hamil, tapi dalam penekanannya kami juga akan sosialisasi pada remaja putri dengan memberikan tablet tambah darah, agar kedepannya saat berumah tangga di dalam proses melahirkan tidak mengalami gangguan, seperti pendarahan yang mengakibatkan kematian," pungkasnya.
0 Komentar