Jumat, 30 Desember 2016 18:25 WIB

Pasca Diresmikan, Terminal Pulogebang Alami Lonjakan Penumpang Hingga 100 Persen

Editor : Hermawan
Laporan: Muchammad Syahputra 

JAKARTA,Tigapilarnews.com – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meresmikan Terminal Bus Pulogebang, Rabu (28/12/2016). Terminal Pulogebang menjadi terminal percontohan di Indonesia.

Pasca peresmian tersebut, jumlah penumpang bus yang berangkat dari Terminal Pulogebang mengalami kenaikan signifikan hingga 100 persen. Kondisi itu terlihat dari data jumlah keberangkatan bus dari terminal tersebut.

Penanggung Jawab Area Keberangkatan Terminal Pulogebang, Anwar Manshur mengatakan, jumlah keberangkatan penumpang melalu Terminal Pulogebang, Rabu (28/12/2016), mencapai 4.365 orang dengan jumlah bus yang berangkat sebanyak 158 kendaraan.

"Itu meningkat dari sepekan sebelumnya yang hanya mencapai 1.725 penumpang. Sedangkan pada Kamis penumpang menurun tipis menjadi sebanyak 3.943 dengan diangkut 138 bus," ujar Anwar, di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, Jumat (30/12/2016).

Anwar menuturkan, dua hari sebelum hari raya Natal, jumlah penumpang juga sudah mengalami kenaikan, tapi tidak sebanyak setelah peresmian terminal terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

"Selain karena peresmian itu juga bertepatan dengan momen liburan Natal. Jumlah penumpang yang berangkat dari Terminal Pulogebang mencapai 3.445 orang atau meningkat sekira 70 persen dari hari sebelum Natal. Sedangkan, pada Sabtu hingga Selasa kemarin jumlah penumpang hingga di atas tiga ribu orang," kata Anwar.

Sementara itu, Kepala Unit Pengelola (UP) Terminal Dishubtrans DKI Jakarta, Muhammad Faisol menjelaskan, kenaikan jumlah penumpang lantaran Perusahaan Otobus (PO) tidak lagi mengambil penumpang di terminal bayangan. Sebab, terminal bayangan menyalahi aturan.

"Mereka sudah berkonsentrasi untuk membawa penumpang ke Terminal Pulogebang. Perlahan-lahan nanti semuanya akan terpusat dan terminal bayangan nanti tidak boleh ada lagi. Kemarin juga pak menteri (perhubungan) juga bilang ke depan tidak ada lagi terminal bayangan," jelas Faisol.

 
0 Komentar