Minggu, 01 Januari 2017 09:26 WIB

Ancol Ajak pengunjung Kumpulkan Sampah Sisa Perayaan Tahun Baru

Editor : Danang Fajar
Laporan: Ryan Suryadi

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Manajemen Taman Impian Jaya Ancol menggelar aksi bersih-bersih Pantai Ancol "beach clean up" usai perayaan tahun baru dinihari tadi. Aksi rutin tiap tahun yang di lakukan Manajemen Taman Impian Jaya Ancol ini melibatkan seluruh pengunjung untuk mengumpulkan sampah di sekitar pantai.

Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Paul Tehusijarana mengatakan, pasca perayaan tahun baru, sampah di pantai Ancol menumpuk meski ada petugas kebersihan.

"Aksi ini dilakukan untuk mengedukasi masyarakat tentang kebersihan. Ini juga sekaligus untuk menjadi spirit awal tahun," kata Paul, di Pantai Lagoon Ancol, Jakarta Utara, Minggu (1/1/2017).

Berdasarkan pantauan, Tigapilarnews.com, sekira pukul 08.00 WIB, dengan menggunakan rompi hijau, tim panitia dari organisasi go green Ancol pantai menyebarkan kantong plastik kepada pengunjung. Jumlah kantong plastik yang disebar adalah sebanyak 200-300 kantong.

Pengunjung boleh meminta plastik lebih dari satu kantong. Selanjutnya, pengunjung diberi waktu 1-1,5 jam mencari sampah di jarak sekitar 200 meter dari kanan dan 200 meter dari kiri Pantai Lagoon, Ancol.

Sampah yang dikumpulkan berupa sampah nonorganik atau sampah plastik. "Setiap tempat sampah dijaga, jadi pengunjung tidak bisa curang ambil dari tempat sampah," ujar Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol Rika Lestari.

Untuk menarik minat pengunjung, panitia memberi hadiah uang tunai dan doorprize. Pengunjung yang mendapatkan sampah seberat minimal dua kilogram akan mendapat hadiah berupa uang Rp 10 ribu dan berlaku kelipatan.

Sementara untuk pengunjung yang mendapatkan tepat lima kilogram berhak mendapat uang Rp 10 ribu serta kupon undian untuk memperebutkan sepeda santai.

Paul berharap melalui kegiatan ini, pengunjung mendapatkan edukasi untuk lebih mencintai lingkungan.

"Harapannya pengunjung naik, sampah menurun," ujar Rika

Rika mengatakan, selanjutnya, Ancol tak hanya melakukan aksi ini pada tanggal 1 Januari saja, tapi juga pada Hari Bumi.

"Tahun 2011 sudah mulai dilaksanakan, selanjutnya akan rutin juga," katanya.
0 Komentar