Minggu, 08 Januari 2017 12:50 WIB

Iptu Puji, Polwan Cantik dari Kota Bekasi Suka Menyendiri di Mobil

Editor : Hermawan
Laporan: Rachmat Kurnia

BEKASI, Tigapilarnews.com - Jika TMC Polda Metro Jaya punya Briptu Eka Frestya yang memiliki wajah cantik dan manis, Kota Bekasi juga punya hal serupa.

Namanya Iptu Puji Astuti. Kanit Binmas Polsek Bekasi Selatan ini mendapat julukan polwan cantik. Julukan tersebut diberkan dari rekan-rekan media Kota Bekasi.

"Kalau julukannya cantik, ya bersukur saja, amin diberikan julukan seperti itu. Sebenarnya saya sama teman-teman wartawan itu mereka itu seperti anak saya. Makanya, agak sedikit bawel sama mereka, mungkin dari situ kali ya dapat julukan cantik," ungkap mantan Kasubag Humas Polres Metro Bekasi Kota Iptu Puji Astuti, Sabtu (7/1/2017).

Selain cantik, nama Iptu Puji Astuti pun terkenal di dunia maya. Coba saja ketik di mbah Google dan tulis Iptu Puji Astuti, maka akan muncul wajah manis Kanit Binmas ini.

Iptu Puji menceritan awal mengenal dunia kepolisian sejak kelas 4 SD. Saat itu, dia melihat tantenya dengan baju yang rapi ingin tes masuk kepolisian.

"Awalnya gara-gara tante saya, dia mau masuk polwan, saya lihat kok polwan-polwan cantik-cantik, dan rapi. Dari situ saya pengen jadi polwan, " ungkap polwan kelahiran Gerobogan 1 Febuari 1976 ini.

Pada 1995, Cino panggilan kecil Iptu Puji memulai tes masuk kepolisian, tapi gagal. Pada usaha kedua tahun 1996, akhirnya Iptu Puji bisa lulus dari Akademi Kepolisian.

"Dua kali saya jalanin tes, tahun 1995 itu gagal, akhirnya lulus juga tahun 1996. Itu sempet minder pas tes, dan penempatan pertama saya itu sebagai sekretaris pribadi di PTIK selama 4 tahun. Dan, pertama kali ke Bekasi itu tahun 2000-an, itu saya berpangkat Bripka dan ditugaskan di bagian lalu lintas, dan tahun 2011, saya sekolah perwira di Sukabumi," ujar Iptu Puji.

iptu-puji-ibu-polwan-cantik-dari-kota-bekasi-1

Ketika ditanya pengalaman menarik dan menyedihkan selama menjadi polwan, Iptu Puji mengatakan saat menjadi pengajar bagi calon polisi baru di Lido Sukabumi.

"Saya ini ibu dan saya punya anak satu, gimana ya, kadang sosok keibuan saya muncul, enggak tegaan. Ada anak yang tingginya cuma 160 cm, disuruh bawa tas yang besar dan dilatih dengan keras, ya kasian juga ya, tega enggak tega pokoknya,sedihnya susah nyatukan karakter. Dari 1.000 siswa, kami satukan karakter mereka, susah juga, tapi saya itu terkenal galak tapi dicintai,” ujar Iptu Puji sambil tertawa.

"Pengalaman menarik dan membanggakan itu saat jadi Danton Upacara 17 Agustus 2013 di Istana Negara. Selama tiga bulan latihan fisik itu pas banget bulan puasa, tapi saya bisa melewati itu semua," kata penyuka olahraga aerobik ini.

Saat ini, Iptu Puji yang menjabat sebagai Kanit Binmas Polsek Bekasi Selatan merasa lebih menyatu dengan masyarakat. Terlebih binmas merupakan garda terdepan di kepolisian yang langsung masuk ke lingkungan masyarakat.

"Jadi binmas lebih merasa langsung masuk ke masyarakat. Segala keluhan masyatakat saya dengar langsung, " ujar fans berat Ahok (Basuki Tjahaja Purnama), dan penggemar Dangdut Academy ini.

Ketika ditanya bagaimana cara menghilangkan stres setelah menjalani rutinitas, Iptu Puji paling suka menyendiri di dalam mobil.

"Saya suka banget di dalam mobil, abis mikir menemukan inspirasi baru. Segala sesuatu masalah bisa ada solusinya kalau di dalam mobil," ungkap polwan satu anak ini.

Jika pensiun dari polwan, anak ke-3 dari empat bersaudara dari pasangan Tamsir dan Yanti ini bercita-cita menjadi pejabat di wilayah Grobogan, Jawa Tengah.

"Kalau udah pensiun pengenlah bangun daerah kelahiran saya sendiri, Grobogan. Pengen mengubah tempat kelahiran saya menjadi wilayah yang maju, tapi untuk sekarang saya akan fokus ke anak saya dulu. Anak saya Albima Rangga Setiawan mau jadi pilot, saya harus dampingi dia biar cita-citanya tercapai. Kalau soal Grobogan, nanti dulu," pungkas Iptu Puji

 
0 Komentar