Kamis, 12 Januari 2017 09:46 WIB

Hari Ini, BEM se-Jabodetabek Demo di Depan Istana Merdeka Tuntut Turunkan Harga Kebutuhan Pokok

Reporter : Sriyanti Gaol Editor : Hermawan
Ilustrasi mahasiswa unjuk rasa.

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) seluruh Indonesia akan turun ke jalan menyampaikan aspirasi mereka kepada pemerintah, Kamis (12/1/2017). Tak terkecuali wilayah Jakarta.

Sebanyak 750 mahasiswa yang tergabung dalam BEM se-Jabodetabek akan menggelar aksi di depan Istana Merdeka. Mereka menamakan aksi ini sebagai aksi unjuk rasa Bela Rakyat 121.

Sebelum aksi ini digelar, para mahasiswa akan berkumpul terlebih dahulu di kawasan Patung Kuda Indosat, Jakarta Pusat.

"Betul akan ada aksi dari BEM seluruh Indonesia di depan Istana Merdeka hari ini," kata Kasubag Humas Polres Metro Jakarta Pusat, Kompol Suyatno, Kamis, (12/01/2017).

Dalam aksi pada hari ini, ada lima tuntutan yang akan mereka sampaikan ke pemerintah, yaitu:

1.Menolak dengan tegas PP No.60 Tahun 2016, dan menuntut Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) untuk mencabut PP tersebut.

2.Menuntut Presiden Jokowi-JK untuk membuat kebijakan yang pro terhadap rakyat.

3.Mengecam keras pemerintah dan jajarannya yang saling cuci tangan dengan kebijakan yang dibuatnya.

4.Menuntut pemerintah untuk transparansi dan sosialisasi dalam setiap menentukan suatu kebijakan.

5.Menolak kenaikan tarif listrik golongan 900 VA, dan mendesak dikembalikannya subsidi untuk tarif listrik golongan 900 VA.

Dari data yang berhasil dihimpun, aksi 121 yang mereka lakukan pada hari ini merupakan bentuk kekecewaan dari para mahasiswa akibat kesulitan yang dihadapi masyarakat lantaran  kenaikan berbagai macam bahan kebutuhan pokok.

Semisal, kenaikan harga cabai dan kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL), hingga Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang dirasa sangat membebani kehidupan masyarakat.