Jumat, 13 Januari 2017 10:41 WIB

Kapal Khusus Pelajar Disiapkan di Kepulauan Seribu

Reporter : Ryan Suryadi Editor : Hermawan

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Bupati Kepulauan Seribu, Budi Utomo menyiapkan 3 unit kapal sekolah untuk menunjang kegiatan belajar-mengajar para pelajar yang tinggal di sejumlah pulau di Kepulauan Seribu.

"Jadi nanti akan dirapatkan masalah trayeknya, mana yang membutuhkan. Yang jarak pulaunya lebih jauh, ya naik kapal itu. Kalau yang lebih dekat, misal Pulau Panggang ke Pramuka atau lebih dekat, ya sementara pakai kapal tradisional," kata Bupati Kepulauan Seribu, Budi Utomo saat di konfirmasi, Jumat (13/1/2016).

Budi menjelaskan, wilayah Kepulauan Seribu ada 11 pulau permukiman yang memiliki jumlah murid sekolah cukup banyak.

Maka dari itu, jika kapal berangkat bersamaan, Budi menganggap tidak mungkin kapal sekolah itu dapat mengangkut keseluruhan murid.

"Kalau jam sekolah anak-anak jam 7 kan, enggak mungkin terjangkau, pulau yang ujung pasti terlambat," ujarnya.

Budi juga menginginkan kapal sekolah hanya dipergunakan khusus untuk pelajar. Bukan untuk umum.

“Saya sudah diskusi dengan pak kadis. Saya minta dioptimalkan untuk anak sekolah. Kami kan tujuannya membantu agar pelajar Kepulauan seribu punya transportasi yang layak,” tutur Budi.

Selain sebagai sarana antar jemput pelajar, Budi menambahkan, kalau kapal tersebut nantinya juga bisa digunakan sebagai alat transportasi pelajar yang ingin melakukan studi banding atau pertukaran pelajar.

"Intinya, yang penting penumpangnya pelajar, bukan untuk umum," pungkasnya.