Jumat, 13 Januari 2017 13:55 WIB

Pemerintah Didesak Ambil Sikap Tegas Soal TKA Ilegal Cina

Editor : Rajaman
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Maraknya kasus tenaga kerja asing (TKA) ilegal asal Cina kembali terungkap. Kali ini pihak imigrasi menangkap TKA ilegal tersebut di kawasan tambang emas dan galena, Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. 

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mendesak pemerintah untuk melakukan langkah tegas terhadap TKA tersebut.

"Ini kan pembiaran cukup lama. Dan ada kondisi dimana seolah-olah tidak ada sanksi hukum terhadap mereka," kata Hidayat saat dihubungi, Jumat (13/1/2017).

Hidayat menegaskan, saat ini merupakan momentum yang tepat bagi pemerintah guna mengkaji bebas visa terhadap Cina.

"Saya setuju kaji ulang bebas visa. Negara yang tak berikan bebas visa bagi Indonesia tidak berhak menerima bebas visa dari Indonesia. Cina misalnya tidak berikan bebas visa ke Indonesia. Aneh kalau misalkan Indonesia berikan bebas visa ke Cina," jelasnya.

"Inilah saatnya pemerintah sadar.Jangan-jangan hanya gunung es. Mereka sudah bisa bangun rumah di Bogor. Dan pasti bukan sendirian. Itu mengancam kedaulatan Indonesia," tambahnya.

Diketahui, pihak imigrasi Bogor, Jawa Barat berhasil mengamankan 18 tenaga kerja asing (TKA) ilegal asal Cina di kawasan tambang emas dan galena, Cigudeg, Kabupaten Bogor, Selasa (10/1/2017).

TKA yang diamankan tersebut diketahui bekerja di sebuah perusahaan asing, PT Bintang Sindai Mineral Geologi (BCMG).


0 Komentar