Jumat, 13 Januari 2017 22:43 WIB

Anies Siap Tiru Pemda Yogyakarta dan Malang

Reporter : Bili Achmad Editor : Yusuf Ibrahim
Calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan (kanan) bersama Cawagub Sandiaga Uno, di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat (13/01/2017) malam.(poto Billi Achmad/Tigapilarnews.com)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, siap memikul janji politik Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), yang diucapkan saat mengikuti Pilgub 2012.

Pernyataan tersebut disampaikannya untuk merespons jawaban Ahok dalam debat kandidat di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat (13/01/2017), maupun kebijakan yang dilakukannya terkait penataan kota.

Ahok disebut sempat berjanji tidak akan melakukan penggusuran dalam menata ibukota. Bahkan, komitmen tersebut dituang dalam kontra politik bersama warga Jakarta.

"Lima tahun lalu ada janji akan dibangun kampung deret di pinggir-pinggir sungai. Di mana janji itu? Di mana kontrak politik itu?" ucap Anies.

"Saya datang ke tempat sama, ini kontrak politik itu. Kami katakan, kami akan laksanakan itu," tegas mantan Mendikbud ini.

Anies berkeyakinan, janji tersebut bisa dilaksanakannya. Sebab, penataan kota tanpa penggusuran telah berhasil dilakukan di beberapa daerah. Di antaranya, Yogyakarta dan Malang. Pemda setempat bisa bermusyarah dan berdialog dengan warga yang tinggal di bantaran kali.

"Saya punya sahabat di Kali Code (Yogyakarta). Mereka sudah tinggal jauh dari pinggir sungai, karena diberikan pendidikan berkualitas, akses yang bagus," pungkasnya.(exe/ist)