Minggu, 15 Januari 2017 09:18 WIB

Tabligh Akbar di Al Azhar Dihadiri Sejumlah Tokoh Politik

Reporter : Ryan Suryadi Editor : Hermawan

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Acara Tabligh Akbar Politik Islam bertajuk "Memilih Pemimpin Muslim" membuat banyak umat muslim berbondong-bondong mengdatangi Masjid Agung Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (15/1/2017).

Berdasarkan pantauan, bukan hanya orang dewasa, anak-anak pun juga ikut serta dalam acara ini. Mereka datang menggunakan baju koko dan peci serba putih. Ada pula di antara mereka yang hadir dengan berbalut sorban. 

Mereka memenuhi aula masjid itu, baik di lantai 1 maupun 2 untuk salat Subuh berjamaah. Salat Subuh itu diimami oleh Bachtiar Nasir. Saking membeludak, beberapa orang umat muslim sampai harus salat Subuh di pelataran masjid.

Acara ini dihadiri sejumlah tokoh. Di antaranya yaitu calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, politikus Partai Amanat Nasional Amien Rais, dan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelva, dan calon wakil gubernur DKI Jakarta Sylviana Murni.

Dalam khotbahnya, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Hamdan Zoelva mengatakan, umat Islam dinilai perlu membangun kemampuan ekonomi jika ingin dapat menguasai perpolitikan. Pasalnya, kemampuan ekonomi selalu menjadi pengendali politik.

Hamdan menilai, kondisi perpolitikan saat ini lebih banyak dikuasai oleh para pemilik modal. Sebab, lanjut dia, mereka memiliki kekuatan untuk mengendalikan politik lewat kemampuan ekonomi.

"Di balik kekuasan politik itu ada yang mengendalikannya, yaitu para pemilik modal," ucap Hamdan, di Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (15/1/2017).

Untuk itu, kata Hamdan, umat Islam memerlukan kekuatan ekonomi agar tidak selalu mengekor pada setiap kebijakan politik yang dibuat.

Menurut Hamdan, kesadaran itu harus mulai dibangun umat muslim mulai saat ini.

"Kita harus membangun ekonomi. Dalam pandangan saya ketika kita menguasai ekonomi, maka otomatis kita menguasai politik," tutur Hamdan.