Minggu, 22 Januari 2017 19:29 WIB

Pengunaan Street Weper Dianggap Lebih Maksimal dan Efisien

Reporter : Ryan Suryadi Editor : Yusuf Ibrahim
Street Weper, armada operasional penyapu jalanan. (poto Ryan Suryadi/Tigapilarnews.com)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Street Weper sebuah armada operasional penyapu jalanan yang dimiliki Dinas Kebersihan Kota Jakarta dianggap lebih maksimal dan efisien dalam melakukan pembersihan jalan protokol.

Mobil berwarna orange, khas warna pemprov DKI Jakarta itu mampu bekerja maksimal hingga 10 kilo meter dan mampu menggantikan tenaga manual hingga 10 tukang sapu jalanan.

Selain itu, kendaraan tersebut juga mampu mencegah, mengurangi tingkat kerawanan kecelakaan tenaga penyapu jalan.

"Hari ini kami gunakan street sweeper untuk membersihkan jalan protokol sperti jalan Yos Sudarso dan Jalan RE. Martadinata. Hasilnya, bisa lihat sendiri jalan jadi lebih bersih, aman dan nyaman dilintasi kendaraan umum," kata Kepala Sekso Dinas Kebersihan Kecamatan Tanjung Priok, Mumuh Mulyana, Minggu (22/01/2017).

Mumuh juga mengatakan, untuk giat rutinitas dan kerja bakti bersama warga itu, street sweeper cukup memuaskan, efisien dan efektif.

"Dalam radius 10 km street sweeper bisa mengumpulkan pasir dan sampah di jalan 2-3 m3. Kalau bahan bakar kami gunakan solar Dex, satu shif rata-rata bisa menghabiskan 30 liter," jelasnya.

Ia menyebut street sweeper bukan saja mampu membersihkan jalan namun juga dapat membuat pengendara jalan umum lebih aman.

"Selain jalan lebih bersih pengendara umum di jalan protokol juga lebih aman karena street sweeper dapat membersihkan ranjau paku dan rongga-rongga jalan sehingga jalan semakin aman dan tidak licin,” terang Mumuh.

"Kami berharap jalanan yang sudah bersih nyaman untuk dilintasi masyarakat maupun pengguna jalan dapat menjaganya.  Mari kita jaga kebersihan bersama dengan tidak membuang sampah sembarangan," tambah Mumuh.(exe)