Rabu, 25 Januari 2017 18:07 WIB

1.041 Warga Kabupaten Tangerang Derita Gizi Buruk

Reporter : Hendrik Simorangkir Editor : RB Siregar
Kepala Seksi Gizi Dinkes Kabupaten Tangerang, Kusnadi, tunjukkan data penderita gizi buruk selama 2016.(foto: hendrik)

TANGERANG, Tigapilarnews.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang mencatat sebanyak 1.041 penderita gizi buruk selama 2016 terdapat di wilayah Kabupaten Tangerang. 

"Penderita gizi buruk di Kabupaten Tangerang lantaran faktor pola makanan yang salah, serta  tak mendapatkan gizi yang baik seperti kurangnya asupan makanan buah dan sayur," ujar Kepala Seksi Gizi pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Kusnadi, Rabu (25/1/2017). 

Dari angka tersebut, Kusnadi menambahkan, semua penderita gizi buruk dapat ditangani dengan adanya bantuan Pemberian Makanan Tambahan (PMT). 

"Mereka yang menderita gizi buruk dapat kembali sembuh berkat adanya program khusus dari Kabupaten Tangerang yakni PMT," katanya. 

Kusnadi menuturkan, besarnya penderita gizi buruk di Kabupaten Tangerang, mayoritas dialami oleh penderita berusia di bawah satu tahun. 

"Penderita gizi buruk lebih banyak dialami anak usia satu tahun, dikarenakan  saat dalam kandungan, kurangnya konsumsi sang ibu untuk memakan buah dan sayur. Ditambah,  saat melahirkan, sang ibu tidak memberikan ASI (air susu ibu) secara langsung, melainkan memberikan susu formula," terangnya. 

Penderita gizi buruk tersebut didominasi di  kawasan Utara Kabupaten Tangerang. 

"Paling banyak penderita gizi terdapat di Utara Kabupaten Tangerang, seperti Pakuhaji dan Teluknaga. Maka dari itu, kami akan adakan pos pemeriksa gizi di dua tempat tersebut," tutupnya.