Kamis, 09 Februari 2017 12:13 WIB

Peringati HPN, Ini Kata DPR

Editor : Rajaman
Taufik Kurniawan (dok/luki)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Tepat pada 9 Februari diperingati sebagai Hari Pers Nasional (HPN). 

Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan mengatakan, sejak reformasi digemakan kurang lebih 2 dasawarsa lalu, pers merupakan salah satu pilar penting kebangkitan kehidupan bangsa dan negara dan khususnya kesadaran akan nilai-nilai demokrasi.

"Pers telah menjadi bagian dari pembangunan dan konsolidasi demokrasi. Bahkan menjadi salah satu pilar demokrasi itu sendiri. Pers memiliki peran penting dalam menentukan kualitas demokrasi kita," kata Taufik di gedung DPR, Kamis (9/2/2017).

Taufik menjelaskan, di tengah suasana politik yang sedang hangat menjelang berbagai perhelatan dan kontestasi, tentu saja dirinya menginginkan pers sebagai jembatan informasi yang mencerahkan dan mencerdaskan.

Ini mengingat, Indonesia sedang dilanda berita dan kabar yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Hoax seakan telah mewabah dan sulit dihindari. Apalagi, realitas tersebut telah berpotensi memecah-belah dan merusak tatanan sosial dan suasana kerukunan dan keharmonisan kehidupan masyarakat.

"Tentu kita berbangga dengan kebebasan informasi yang kita miliki dengan pers sebagai ujung tombak. Sebagaimana yang terkandung dalam fungsi pers seperti yang termaktub dalam UU sebagai Fungsi Informasi, Pendidikan, Hiburan dan Kontrol Sosial, tentu saja sudah pada tempatnya, Pers berperan dan berada di garis terdepan dalam meminimalisir berita-berita yang tidak bertanggung jawab serta bohong (hoax)," paparnya.

"Atas dasar itu pula, saya meyakini, sebagai pilar demokrasi, pers adalah pilar penting dalam kehidupan demokrasi kita hari ini," tambahnya.

Wakil Ketua Umum PAN ini mengungkapkan, pilar yang senantiasa memberi pencerahan dan perspekif objektif tentang segala peristiwa dan isu yang menyangkut kehidupan bangsa dan negara, harus turut serta dalam membangun kehidupan bangsa, mengontrol berbagai penyimpangan yang tidak sejalan dengan pembangunan, dan mengilhami solusi bagi segala persoalan.

"Selamat Hari Pers Nasional. Semoga peran Pers akan semakin memberi kontribusi positif bagi kehidupan bangsa dan negara demi mewujudkan cita-cita masyarakat yang lebih baik di masa yang akan datang," tandasnya. 


0 Komentar