Selasa, 14 Februari 2017 13:23 WIB

Pemkot Tangerang Percepat Realisasi Busway Koridor Ciledug-Poris Plawad

Editor : Hendrik Simorangkir
Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah. (Foto: dok/Tigapilarnews,com)

TANGERANG, Tigapilarnews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang akan mempercepat realisasi beroperasinya jalur bus (elevated) busway koridor Ciledug-Terminal Poris Plawad.

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah mengatakan, Pemkot Tangerang sudah melakukan koordinasi dengan Direktur Transportasi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Ikhwan Hakim, Senin (13/2/2017) terkait percepatan penataan bidang transportasi.

Dalam pertemuan tersebut, Arief telah menyampaikan mengenai rencana penataan transportasi dalam mengatasi kepadatan lalu lintas yang semakin waktu terus meningkat.

"Apalagi dengan semakin meningkatnya jumlah kendaraan setiap harinya, tentunya harus diikuti dengan kesiapan sarana dan prasarana yang ada," ujar Arief, Selasa (14/2/2017).

Lanjutnya, dengan transportasi massa yang memadai, diharapkan masyarakat dapat beralih untuk menggunakan transportasi publik yang disediakan.

"Kita telah menyediakan transportasi dalam kota dan juga pembangunan jembatan maupun jalan. Namun, karena pertumbuhan kendaraan semakin meningkat maka harus ditambah, salah satunya 'elevated busway' Ciledug-Poris," katanya.

Arief menambahkan, pembangunannya akan dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta, sementara Kota Tangerang hanya akan menerima dalam bentuk hibah.

"Dengan adanya transportasi massal ini, maka akan mengurangi kemacetan dari Tangerang menuju Jakarta Selatan maupun sebaliknya," pungkasnya.

Saat ini, Pemkot Tangerang terus mengupayakan agar jalur itu dapat segera ditindaklanjuti, mengingat analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) dan studi kelayakan telah selesai.

Sebagai informasi, pembangunan jalur bus elevated akan dibagi dalam dua tahap, yakni dari Kampus Universitas Budi Luhur hingga CBD Ciledug, lalu dilanjutkan hingga Terminal Poris Plawad dengan total keseluruhan sekitar 12 kilometer.