Selasa, 14 Februari 2017 20:21 WIB

Gelar Operasi Pekat, Polresta Surakarta Sita Ratusan Botol Ciu

Editor : Danang Fajar

SURAKARTA, Tigapilarnews.com - Satuan Sabhara Polres Kota Surakarta berhasil menyita puluhan botol minuman keras jenis ciu dalam operasi penyakit masyarakat (Pekat) saat penggerebekan di sebuah rumah di Kampung Praon RT 09 RW 07 Nusukan Banjarsari Solo.

Wakasat Sabhara AKP Supriyanto mengatakan, polisi berhasil menyita 110 botol ciu ukuran 1.500 mililiter dan 600 militer, tiga jerigen isi 30 liter, dan satu jerigen besar.

Selain itu, polisi juga berhasil mengamankan penjual ciu, Widakdo Agung Nugroho (43), kini sedang diperiksa oleh penyidik untuk proses hukum. Penjual akan dikenai tindak pidana ringan (Tipiring), dan disidangkan ke Pengadilan Negeri Surakarta.

Supriyanto mengatakan kegiatan penggerebekan dalam operasi pekat tersebut dilakukan di rumah pedagang minuman keras di Kampung Praon Nusukan Banjarsari Solo, Senin (13/2) sekitar pukul 22.00 WIB.

Menurut Supriyanto hal tersebut dari laporan masyarakat menyebutkan adanya perdagangan minuman keras di lokasi kampung Praon. Polisi melakukan penyamaran dan ikut membeli ciu di rumah pelaku.

"Kami setelah menemukan barang bukti, langsung melakukan penggerebekan saat patroli rutin ke lokasi," kata Supriyanto.

Menurut dia, polisi dalam penggeledahan di rumah pedagang ciu menemukan puluhan liter kemasan botol mineral minuman keras yang siap jual, dan tiga jerigen besar isi 30 liter yang masih tersimpan.

"Kami amankan sebagai barang bukti dan pedagang dibawa ke Mapolresta untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya," katanya.

Menurut Supriyanto Polres Kota Surakarta terus melakukan patroli dengan penyakit masyarakat termasuk peredaran minuman keras. Karena, akibat minuman keras atau narkoba berdampak memicu seseorang untuk melakukan perbuatan kejahatan.

Widagdo Agung Nugroho pedagang minuman keras saat diperiksa mengaku menjual minuman keras jenis ciu sudah tiga bulan ini, dan barang diambil dari Bekonang Sukoharjo.

Menurut Agung, minuman keras ciu dibeli dari Bekonang Sukoharjo seharga Rp200 ribu setiap satu jerigen isi 30 liter untuk kualitas biasa, dan Rp250 ribu per jerigen isi 30 liter kualitas baik.

"Saya menjual dengan kemasan botol isi 600 mililiter dengan harga Rp10.000/botol dan isi 1.500 militer Rp30.000/botol. Saya menyesal menjual minuman keras," kata Agung.

sumber: antara


0 Komentar