Rabu, 15 Februari 2017 22:51 WIB

Menpora Imam Minta Cabor Manfaatkan Lokasi di Daerah

Editor : Yusuf Ibrahim
Menpora, Imam Nahrawi. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, mengatakan masih menyelesaikan penentuan nomor cabang olahraga termasuk lokasi gelanggang nomor cabang Asian Games itu menjelang kejuaraan uji coba pada November 2017.

"Ada beberapa nomor cabang olahraga yang belum ditentukan, termasuk lokasi pertandingannya. Tetapi, beberapa sudah punya gelanggang karena sudah dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat," kata Menpora di Jakarta, Rabu (15/02/2017).

Menpora mengatakan nomor cabang olahraga yang belum mempunyai gelanggang di DKI Jakarta maupun di Palembang akan memanfaatkan lokasi di daerah lain seperti di Banten maupun Jawa Barat.

"Gelanggang itu tidak harus membangun. Misalnya, pemanfaatan kawasan Pekan Olahraga Nasional di Jawa Barat karena telah banyak fasilitas olahraga di sana," kata Menpora.

Menpora mengatakan penentuan nomor cabang olahraga itu akan diajukan kepada Presiden RI dan akan tertuang dalam Peraturan Presiden menyusul sejumlah rapat yang telah digelar di Istana Presiden bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Hukum dan HAM.

"Saya belum mendapatkan laporan terkait cabang olahraga sepatu roda. Untuk cabang selancar, tidak ada lokasi yang sesuai di Jakarta dan Palembang. Kami akan mempertimbangkan di Pelabuhan Ratu, Jawa Barat," kata Menpora.

Namun, Menpora akan mempertimbangkan saran dari federasi olahraga tingkat Asia maupun dunia terkait penentuan lokasi pertandingan cabang olahraga Asian Games itu.

Kemenpora bersama Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) akan menyampaikan nomor-nomor cabang olahraga dan lokasi pertandingan nomor-nomor cabang itu kepada Dewan Olimpiade Asia (OCA) dalam rapat koordinasi penyelenggara di Palembang, pada Maret.

Sebelumnya dalam rapat koordinasi Asian Games di kantor Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) pada Selasa (14/2), Pemerintah Jawa Barat meminta kepastian kepada INASGOC terkait jumlah cabang olahraga yang akan digelar di provinsi itu.

Sementara, pemerintah DKI Jakarta siap membantu renovasi sejumlah gelanggang untuk penyelenggaraan Asian Games 2018 sepanjang ada revisi Instruksi Presiden tentang Asian Games sebagai dasar hukum.(exe/ist)