Jumat, 17 Februari 2017 10:15 WIB

Tak Masuk Putaran Dua, Pengamat: AHY Sempat Memikat Warga Jakarta di Awal Pencalonan

Reporter : Muhammad Syahputra Editor : Sandi T

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Pilgub DKI Jakarta 2017 putaran pertama tidak berpihak kepada pasangan calon (paslon) Gubernur DKI nomor urut satu, Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni.

Pasalnya, paslon satu hanya mendapatkan perolehan suara sebanyak 17 persen dari warga Jakarta. Hal tersebut menunjukkan Agus dan Sylvi tak bisa melanjutkan langkahnya ke putaran kedua. 

Pengamat politik dari Universitas Islam Indonesia (UII), Masnur Marzuki mengatakan, kedatangan Agus ke Jakarta yang rela melepas jabatannya dari TNI, membuat masyarakat sempat tertarik untuk memilihnya pada Pilgub DKI Jakarta.

"Efek kejutan kehadiran AHY itulah yang membuat elektabilitasnya sangat tinggi di awal pencalonan namun melorot karena pemilih mulai jenuh," ujar Masnur saat dihubungi awak media, Jumat (17/2/2017).

Menurutnya, elektabilitas Agus sempat naik dikarenakan faktor usia yang masih terhitung muda dari pasangan lainnya. Selain itu, Agus juga dapat dibilang berani mengeluarkan program-program pemikat hati masyarakat.

"Namun pasangan nomor urut satu itu gagal mempertahankannya, itulah kenapa elektabilitasnya kian dekat hari H kian terkerek," tandasnya.


0 Komentar