Rabu, 22 Februari 2017 12:14 WIB

Susul Suami ke Suriah, Nurani Beserta 4 Anaknya Ditangkap Polisi Turki

Reporter : Rizky Adytia Editor : Sandi T
Nurani saat di Polsek Bantar Gebang. (foto: ist)

BEKASI, Tigapilarnews.com - Hendak menyusul suami ke Suriah, Nurani Wulandari (38) beserta empat anaknya ditangkap pihak kepolisian Turki disebuah Hotel, pada pertengahan Januari 2017 lalu.

Nurani sempat diamankan di kantor polisi Turki untuk beberapa hari sampai dipulangkan kembali ke Indonesia. Sampai di Jakarta tepatnya di Bandara Soekarno Hatta, Nurani dijemput oleh tim Densus 88 dan diserahkan ke Polsek Bantar Gebang untuk pemeriksaan lebih lanjut. Sebab Kartu Tanda Penduduk (KTP) Nurani tercatat warga Bantar Gebang.

Kasubbag Humas Polres Metro Bekasi Kota, Kompol Erna Ruswing menuturkan, keluarga tersebut ditangkap oleh pihak kepolisian Turki lantaran mencoba menyeberang ke Suriah untuk menemui suaminya yang diketahui tergabung dalam kelompok radikal ISIS.

"Suaminya itu sebelumnya sudah berangkat duluan ke Suriah pada tahun 2015 lalu tanpa sepengetahuan pihak keluarga," ucap Erna saat dikonfirmasi, Rabu(22/2/2017).

Namun, rasa cinta istri dan anak-anaknya yang sangat besar tak terbendung lagi. Mereka pun memutuskan untuk menyusul sang suami ke Suriah pada April 2016 silam.

"Dari pengakuannya, mereka berlima berangkat dengan modal Rp 50 juta hasil menjual semua perhiasan milinya," cetusnya.

Sesampainya di Turki, Nurani beserta keempat anaknya tinggal disebuah rumah yang disewakan selama beberapa bulan.

Selama berada di Turki, Nurani mengaku dipandu untuk menyebarang ke Suriah oleh suaminya itu, akan tetapi setelah berbulan-bulan tinggal di rumah sewa tersebut suaminya tak kunjung menjemput mereka.

"Mereka tak melakukan apapun dan hanya berdiam diri di rumah sewaan tersebut selama menunggu kabar dari suaminya," lanjut Erna.

Hingga pada akhirnya, pada bulan Januari 2017 pihak kepolisian Turki menggrebek rumah sewaan tersebut dan memulangkan Nurani beserta empat anaknya ke Indonesia.

"Keluarga tersebut diterima langsung oleh Kapolsek Bantar Gebang, Kompol Parjana pada Selasa (21/2/2017) kemarin," pungkasnya.


0 Komentar