Selasa, 28 Februari 2017 18:43 WIB

Pansel Akan Pantau Gaya Hidup Calon Hakim MK

Editor : Danang Fajar
Mantan Hakim MK, Maruarar Siahaan (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Panitia Seleksi Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) akan mempelajari gaya hidup kandidat calon hakim konstitusi pengganti Patrialis Akbar.

"Nanti yang kami perhatikan itu dari 'life style' dari seorang calon bisa diketahui kecenderungannya. Gaya hidupnya bagaimana bisa diperhatikan, misalnya perbandingan antara 'income' dengan kebiasaan hidup 'kan bisa terlihat," kata anggota Pansel MK Maruarar Siahaan di kantor Sekretariat Negera (Setneg) Jakarta, Selasa (28/2/2017).

Maruarar menjelaskan, hingga pendaftaran calon hakim MK dibuka pada tanggal 22 Februari 2017, baru ada tiga orang yang mendaftarkan diri sebagai calon hakim MK. Seleksi administrasi akan dibuka hingga 3 Maret 2017.

"Saya optimistis saja pada saat-saat terakhir nanti itu akan hadir mereka semua yang betul-betul berminat dan memenuhi syarat. Jadi, saya kira ini membutuhkan waktu untuk menyiapkan dokumen-dokumen yang dipersyaratkan, itu saja," kata Maruar yang menjabat sebagai hakim konstitusi 2003 s.d. 2009.

Ia pun mendorong agar mereka yang memiliki integritas untuk ikut mendaftar sekaligus berkontribusi dalam seleksi MK itu.

Maruar juga membuka kesempatan bagi politikus ikut mendaftar sebagai calon hakim MK.

"Tidak ada larangan, ya, (bagi politikus) karena pendaftaran ini suatu hal yang terbuka dan kami bersikap nondiskriminatif, tetapi yang menjadi kriteria kita adalah apakah dia bisa menjaga independensi dan cukup integritasnya untuk menjabat posisi itu," kata Maruar.

sumber: antara


0 Komentar