Jumat, 03 Maret 2017 07:16 WIB

Korut Ragu soal Penyebab Kematian Kim Jong-nam

Editor : Yusuf Ibrahim
Kim Jong-nam. (foto istimewa)

JAKAARTA, Tigapilarnews.com- Korea Utara (Korut) mengaku tidak percaya penyebab kematian Kim Jong-nam adalah racun.

Pyongyang meyakini Jong-nam tewas karena penyebab alami, yakni serangan jantung. "Ada indikasi kuat serangan jantung mungkin telah membunuh warga Korut yang meninggal di bandara Internasional Kuala Lumpur," kata seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Korut, Ri Tong Il.

Malaysia dalam beberapa kesempatan menyatakan Jong-nam tewas racun VX, yang tidak lain adalah salah satu racun syaraf paling berbahaya di dunia. 

Tong Il menyebut, jika memang ditemukan jejak racun di dalam tubuh Jong-nam, maka seharusnya Malaysia mengirimkan sampel racun tersebut ke Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW), untuk diverifikasi.

"Jika memang benar bahwa itu digunakan, maka sampel harus dikirim ke kantor OPCW," tukas mantan Wakil Duta Besar Korut untuk PBB tersebut.

Malaysia sendiri telah menggelar sidang perdana pembunuhan Jong-nam. Namun, dari empat orang yang ditangkap hanya dua yang dibawa ke pengadilan untuk dituntut, yakni Siti Aisyah, dan seorang warga Vietnam.

Sementara itu, Ri Jong Chol seorang warga Korut yang diduga terlibat pembunuhan Jong-nam dilepakan oleh Kuala Lumpur. Jaksa Agung Malaysia, Apandi Ali menyatakan Jong Chol dilepaskan karena mereka kekurangan bukti untuk bisa menyeretnya ke pengadilan. (exe/ist)


0 Komentar