Sabtu, 04 Maret 2017 15:01 WIB

Pemerintah Diminta Konsisten Jalani MoU dengan Arab Saudi

Reporter : Bili Achmad Editor : Rajaman
Ninasapti Triaswati (dok/putra)

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Pengamat Ekonomi dari Universitas Indonesia (UI) Ninasapti Triaswati meminta agar MoU antara Indonesia-Arab Saudi dapat dijalankan dengan baik serta konsisten.

Sebab, seringkali adanya MoU (perjanjian) dibuat selalu mengalami kendala saat realisasi akan dilakukan.

"Saya melihat kendala kita, kesulitannya adalah perihal konsistensi kebijakan atau paket dari daerah ke pusat," ujar Ninasapti, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (4/3/2017).

Menurutnya, negara Indonesia adalah putri cantik yang mempunyai SDM luar biasa dan bisa berkembang. Maka dari itu, pemerintah juga harus serius dalam menidaklanjuti 11 MoU telah disepakati.

"Bagaimana yang kita sudah tandatangani, harus serius dan mnindak lanjuti uang terbanyak, Arab Saudi melimpah ke Indonesia," katanya.

Selain itu, pemerintah juga harus membuat beberapa terobosan untuk mengoptimalisasikan uang yang didapat dari beberapa perjanjian (mou) serta memberikan kepercayaan kepada Arab Saudi bahwa Indonesia konsisten.

"Jadi yang penting uang yang sudah diniatkan, diterjemahkan ke UU. Yang saya bayangkan, itu tidak konsisten, pengalaman internasional kita dilihat, mereka akan menjadi hati-hati, itu adalah contoh, uang besar tadi diarahkan ke suatu yang benar," jelasnya.


0 Komentar