Selasa, 14 Maret 2017 15:31 WIB

Pengamat Ekonomi Sebut Pengolahan Tambang Lebih Berdampak dari Divestasi

Reporter : Bili Achmad Editor : Rajaman
Enny Sri Hartati saat menghadiri diskusi (dok/bili)

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Pengamat Ekonomi INDEF (Institute for Development of Economics Finance), Enny Sri Hartati menilai desakan pemerintah kepada pengusaha tambang untuk membangun smelter jauh lebih bermanfaat dibanding desakan divestasi saham.

Menurut Enny, smelter merupakan tujuan pokok Undang-undang Mineral dan Batu Bara (Minerba) yang rohnya untuk kepentingan nasional. Sehingga hal tersebut harusnya dilaksanakan terlebih dahulu.

Sekalipun pengusaha tambang tidak melakukan divestasi serta memenuhi 17 item syarat diminta oleh pemerintah.

"Kalo kita berharap divestasi itu tidak realisitis tapi mereka (pengusaha tambang) tetep bersedia mengolah hasilnya itu jauh lebih bermanfaat apalagi kalo pemerintahnya yang bener-bener punya goodwill, bagaimana tempatkan smelter sebagai infrastruktur, ini ranahnya pemerintah," jelas Enny di gedung DPR, Selasa (14/3/2017).

Enny menambahkan, sekalipun pemerintah membantu pembangunan smelter itu tidak akan merugikan, namun pemerintah tetap harus perhatikan regulasi yang konsisten.

"Smelter ini akan jauh lebih berikan keuntungan secara ekonomi dalam jangka panjang kepada pemerintah, termasuk keuntungan penerimaan negara," pungkasnya.


0 Komentar