Sabtu, 04 Maret 2017 19:01 WIB

Persiapan Putaran Kedua, KPU DKI Akan Perbaiki DPT

Editor : Rajaman
Soemarno (ist)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Ketua Pemilihan Umum (KPU) DKI Sumarno telah menerima beberapa rekomendasi terkait dugaan pelanggaran Pilgub DKI putaran pertama dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). 

Sumarno mengatakan, KPU DKI berjanji akan melaksanakan rekomendasi tersebut demi kelancaran putaran kedua.

"Sudah mendapatkan rekomendasi dari Bawaslu, dan kami akan menjalankannya sebagai evaluasi," kata Sumarno yang ditemui di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (4/3/2017).

Menurutnya hal yang perlu dikoreksi untuk pilgub putaran kedua sama dengan permasalahan telah diberitahukan oleh Bawaslu.

"Pertama sumber daya manusia perlu dilakukan pengawalan, lalu DPT (Daftar Pemilih Tetap) harus mengakui warga DKI banyak yang belum terdaftar jadi DPT. Kemudian, terkait logistik semuanya harus terpenuhi karena sangat penting mulai dari distribusi C6 dan sebagainya harus dikawal. Dan yang terakhir adalah pengitungan suara baik dari TPS, maupun di tempat lainnya," jelasnya

Namun hal paling beresiko dan penting adalah perbaikan daftar pemilih. Menurut Sumarno, pihaknya akan melakukan perbaikan daftar pemilih tetap (DPT) dimulai pada 6 Maret 2017 besok.

"Yang terpenting bagi kami adalah perbaikan kualitas pemilih serta penyusunan daftar pemilih tambahan (DPTB). Terkait hal ini kita akan membuka pendaftaran lewat hotline dan posko-posko dan juga sudah mendapatkan rekomendasi Bawaslu untuk memberikan evaluasi pada kami," ujarnya.

Terkait hal penambahan DPT untuk putaran kedua, KPU akan menambahkan jumlah pemilih tetap dan tambahan dengan data tambahan warga yang tidak bisa menggunakan hak pilihnya saat putaran pertama. Sumarno juga menambahkan bahwa warga yang tepat berusia 17 pada saat pilkada putaran kedua akan di masukan juga ke dalam DPT.

"Untuk putaran kedua dasarnya, DPT putaran pertama ditambah dengan DPTB ditambah daftar penduduk potensial yang bisa memilih. Jadi warga DKI yang memilih tapi tidak datang ke TPS kita juga akan buka posko-posko pendaftaran kemudian untuk masalah itu," jelasnya.

Usai menerima berbagai masukan dan saran, Sumarno berharap pilgub DKI Jakarta putaran kedua bisa menjadi lebih baik.

"Kami sudah menemukan banyak evaluasi dan mendegar berbagai masukan dan kritik kami ingin Pilkada putaran kedua menjadi ini menjadi lebih baik," tandasnya. 


0 Komentar