Minggu, 05 Maret 2017 22:48 WIB

Presiden Turki Tuduh Jerman Berprilaku Nazi

Editor : Yusuf Ibrahim
Presiden Turki, Tayyip Erdogan. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Presiden Turki, Tayyip Erdogan, menuduh otoritas sejumlah kota di Jerman saat ini berperilaku seperti di masa Nazi.

Menurutnya, tindakan-tindakan yang bertujuan untuk menghalangi aksi unjuk rasa warga Turki di Jerman adalah 'tidak berbeda dengan orang-orang dari masa Nazi'.

"Jerman, Anda tidak memiliki hubungan apapun dengan demokrasi dan Anda harus tahu bahwa tindakan Anda saat ini tidak berbeda dengan orang-orang dari masa Nazi," kata Erdogan di sebuah aksi demo di Istanbul, seperti dikutip dari Reuters, Minggu (05/03/2017). 

Tudingan ini dilontarkan Erdogan setelah otoritas Gaggenau, sebuah kota kecil di Jerman menarik izin unjuk rasa yang diselenggarakan oleh Uni Demokrat Turki Eropa (UETD) pada pertengahan pekan ini.

Pemerintah kota menjelaskan, pencabutan izin itu dilakukan karena mereka khawatir dengan keamanan di acara tersebut.

Selain khawatir dengan faktor keamanan, otoritas kota juga mengkhawatirkan banyaknya jumlah pendemo dan tempat parkir yang terbatas. Sebelumnya, otoritas kota Cologne juga membatalkan acara yang dirancang oleh UETD. UETD sendiri adalah sebuah kelompok yang dikenal dekat dengan Erdogan.

"Kami akan berbicara tentang tindakan Jerman di arena internasional dan kami akan menempatkan mereka malu di mata dunia," kata Erdogan.

"Kami tidak ingin lagi melihat Nazi di dunia. Kami tidak ingin melihat tindakan fasis mereka. Kami pikir era itu adalah masa lalu, tetapi tampaknya tidak," lanjutnya.(exe/ist)


0 Komentar