Rabu, 08 Maret 2017 07:06 WIB

Anies Akui Terinspirasi Bung Hatta

Editor : Yusuf Ibrahim
Anies Baswedan. (foto istimewa)

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Program OK OCE yang digaungkan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno ternyata terinspirasi dari pemikiran Bung Hatta.

Tak hanya masalah ekonomi, soal pendidikan juga ternyata terinspirasi dari prinsip sang proklamator tersebut.  Anies mengatakan, program ekonomi kerakyatan yang dikenal dengan One Kecamatan One Center Eunterpreunership (OK Oce) terinspirasi dari aspek pemikiran Bung Hatta.

Anies melihat ketimpangan yang selama ini hadir di Jakarta karena sistem ekonomi yang berpihak kepada sebagian bukan kebanyakan warga Jakarta.

"Kami buatkan OK OCE sebagai jawaban untuk mengatasi ketimpangan terutama ketimpangan kesempatan dalam lapangan pekerjaan," ungkap Anies usai berziarah di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan, Selasa (07/03/2017).

Mantan rektor Universitas Paramadina Jakarta itu menilai Keterlibatan warga dalam OK OCE, nantinya akan berdampak pada pasar. Secara tidak langsung kondisi ini mampu menghadirkan keadilan dengan peningkatan kesejahteraan.

Selain program ekonomi, Anies juga mengaku terinsiprasi prinsip Bung Hatta terkait pendidikan. Baginya Bung Hatta merupakan Man of Integrity yang sangat fokus pada pendidikan bangsa, terlebih sang proklamator itu pernah mengatakan bahwa setiap pemimpin adalah pendidik dan seorang pendidik adalah pemimpin.

"Pendidikan adalah kunci, Bung Hatta serius membicarakan pendidikan, di mana  pendidikan rakyat adalah kuncinya. Untuk itu kami menghadirkan pendidikan yang berkualitas tuntas dan gratis di Jakarta juga sesuai dengan cita-cita Bapak Koperasi Indonesia itu, agar membawa perubahan dan kebahagiaan bagi warga Jakarta," ujarnya. 

Dalam kesempatan itu, putri bung Hatta yang ikut bersama Anies, Mutia juga menyampaikan harapannya kepada cagub nomor urut 3 itu. Terlebih inisiator Indonesia Mengajar itu sedang bertarung dalam putaran kedua Pilkada DKI Jakarta.

"Kita semua keluarga putra putri perintis kemerdekaan ingin kita menjadi tuan di negeri sendiri, dan dimulai dari membangun ibu kota, semoga Allah meridhoi apa yang dikerjakan pak Anies untuk Jakarta," katanya.

Setelah berziarah, Anies melakukan kegiatan lainya, yakni bersilahturahmi ke kantor dagang Syarikat Islam di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Kemudian menghadiri deklarasi dukungan di Markas Komando Gerakan Laskar Prabowo (GL Pro) 08, Utan Kayu Utara, Jakarta Timur.(exe/ist)


0 Komentar