Rabu, 08 Maret 2017 19:01 WIB

Diminta Ketum Hanura Netral, Ini Komentar Ketua KPU DKI

Reporter : Evi Ariska Editor : Hermawan
Ketua KPU DKI Jakarta, Sumarno. Foto: Yanti

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno menanggapi pernyataan Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) untuk bersikap netral dalam pemungutan suara putaran kedua Pilgub DKI Jakarta pada 19 April 2017.

"Ya, sejauh ini KPUD memegang teguh tiga hal, yaitu netralitas, integritas, dan profesionalitas," tandas Sumarno di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (8/3/2017).

Sumarno menjelaskan, ketiga hal tersebut selalu ditanamkan di jajaran KPU dari tingkat provinsi hingga kota.

Oleh sebab itu, dijelaskan Sumarno, evaluasi terus dilakukan. Termasuk evaluasi pada penyelenggara di KPPS pasca pemungutan suara putaran pertama pada 15 Februari 2017. Apabila ada petugas yang tidak netral, maka akan dilakukan pergantian.

"Evaluasi kami lakukan. Kami ingin pastikan seluruh warga DKI yang sudah memenuhi syarat menggunakan hak pilih. Kami sedang menginput data, pemilih tambahan berusia pas berusia 17 tahun, dan pemilih potensial. Kami integrasikan agar dapat menggunakan hak pilih dalam putaran kedua. Sehingga tidak ada persoalan untuk pengguna hak pilih," pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang (OSO) mengingatkan KPU DKI Jakarta agar bersikap netral dalam pilkada yang akan digelar pada 19 April mendatang.

Menurut dia, kesalahan yang sudah terjadi saat putaran pertama tidak boleh terulang dalam putaran kedua.

"KPUD ini harus hati-hati. KPUD saya ingatkan, jangan main api, jangan membakar-bakar, jangan berpihak. Jalan on the track, jangan coba-coba. Kalau yang lalu sudah, jangan yang sekarang," ujar OSO, usai menggelar rapat konsolidasi partai pengusung Ahok-Djarot di kawasan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (7/3/2017). 

 


0 Komentar