Jumat, 10 Maret 2017 14:01 WIB

Atasi Kabel Semrawut, Pemprov DKI Berencana Bangun Ducting

Reporter : Evi Ariska Editor : Hendrik Simorangkir
Plt Gubernur DKI Jakarta, Soni Sumarsono. (Foto: dok/Tigapilarnews.com)

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Setelah menemukan adanya tumpukan sampah di gorong-gorong Kuningan, Jakarta Selatan. Plt Gubernur DKI Jakarta, Soni Sumarsono meminta Dinas Kebersihan dan Dinas Tata Air untuk membersihkan sampah tersebut.

"Terutama mengenai peraga pasukan biru masuk ke dalam gorong-gorong untuk menyelesaikan masalah pertama, dengan mengambil bongkahan-bongkahan batu, pasir, sampah. Paling enggak sepanjang Jalan Kuningan ini dulu," ujar Sumarsono di Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (10/3/2017).

Sementara itu, gorong-gorong lainnya yang salurannya tidak lancar akan menjadi prioritas dan kemudian periksa satu persatu. Nantinya, Sumarsono akan didampingi Bina Marga, Kadis Lingkungan dan Tata Air dengan berencana membuat ducting utilities untuk memisahkan kabel-kabel agar tak mengganggu saluran air.

Sumarsono mengungkapkan, biaya pemindahan kabel ini sendiri tidak murah, dan harus dilakukan relokasi tetapi tidak dilakukan secara serempak karena dapat membuat lampu padam. Sehingga pilihan pertama adalah dengan membangun model ducting utilities terlebih dahulu.

"Dibangun dulu model ducting utilities bentuknya kotak, itu bisa ditutup, kalau orang butuh tinggal dibuka lognya kemudian tembus kabelnya, tarik pakai alat sehingga terhubungkan antara block-block tadi diatas trotoar," ungkapnya.

Dengan demikian kabel utilities dan saluran akan terpisah sehingga tidak membahayakan. Menurutnya, jika hal itu tidak secepatnya dilakukan maka permasalah banjir di DKI Jakarta akan sulit untuk diatasi.

"Saya kira itu prinsip yang dimiliki Pemprov DKI ke depan. Minggu depan kita akan bahas bersama pihak PLN, Telkom dan seterusnya, yang memiliki kepentingan terhadap relokasi kabel-kabel ini semua," pungkasnya.


0 Komentar